Follow Us

James Hetfield Garap Buku yang Bahas Gitar Gibson KW yang Ubah Kariernya

Rifka Amalia - Minggu, 02 April 2023 | 18:15
James Hetfield with Electra Flying V.
GuitarsCollector.com/Facebook KSP Music

James Hetfield with Electra Flying V.

HAI-ONLINE.COM – Pentolan Metallica, James Hetfield, dikabarkan tengah menggarap sebuah buku biografi bertajuk “Messengers: The Guitars of James Hetfield," yang dijadwalkan terbit pada 17 Oktober mendatang.

Lewat buku ini, sang frontman bakal membagikan banyak sejarah dan kisah berharga dari koleksi gitar miliknya, mulai dari gitar pertama miliknya hingga sang instrumen eksotis, Gibson vintage.

Nggak hanya itu, doi juga bakal mengungkapkan banyak rahasia studio, termasuk kunci amplifier dan gear yang telah mengukir nada serta menciptakan suaranya.

Baca Juga: James Hetfield Berakting di Film ‘The Thicket’ Garapan Peter Dinklage

Lebih jauh, Hetfield mencatat bahwa biografi ini turut menceritakan tentang bagaimana akhirnya instrumen-instrumen tersebut berdampak pada kehidupan serta kariernya – termasuk gitar replika murah, White Electra Flying V, yang awalnya dikira sebagai Gibson Original, saat Metallica memulai karier mereka.

Dalam kilas buku yang ia unggah, Hetfield menulis: "Gue awalnya ngira kalau itu Gibson Flying V, kayak yang biasa dipake sama Michael Schenker. Cuma itu yang gue peduliin."

Messengers: The Guitars of James Hetfield.
James Hetfield/Permuted Press

Messengers: The Guitars of James Hetfield.

Lars sama bersemangatnya dengan gue dan gue nggak peduli bahwa itu adalah replikanya Gibson. Mainnya bagus, suaranya bagus, dan punya tampilan yang gue pengen," lanjutnya, masih tentang gitar tiruan tersebut.

Gue nggak menjadi terlalu dramatis buat bilang bahwa jika ada gitar yang mengubah history gue, itu adalah Electra OGV. Itu adalah level yang bener-bener berbeda, dan selain bentuk serta warna putihnya yang mencolok, [gitar] itu menuntut mata dan atensi lo,” tulisnya lebih jauh.

Lebih lanjut, Hetfield menambahkan: “Dia seakan pengen lo melihatnya, mungkin karena bentuknya kayak anak panah, atau mungkin terdengar dan terlihat cepat. Itu adalah salah satu gitar tercepat yang gue punya sampe hari ini. Itu ngasih gue kepercayaan diri ekstra, yang hampir sebanding sama perisai."

Baca Juga: Metallica Rilis Single '72 Seasons' Pake Video Klip yang Cinematic!

Dirilis melalui Permuted Press, buku setebal 400 halaman ini turut menampilkan koleksi instrumen yang dipotret oleh fotografer terkenal, Scott Williamson, dan dibandrol dengan harga $73.71 atau kurang lebih setara dengan 1 juta IDR.

Sebelumnya, frontman yang dipanggil sebagai Papa Het itu telah merilis buku pertamanya pada 2020, dengan judul "Reclaimed Rust: The Four-Wheeled Creations of James Hetfield.”

“Messengers: The Guitars Of James Hetfield” kini telah tersedia secara pre-order di Amazon atau klik di sini.

Cover buku
James Hetfield/Permuted Press

Cover buku

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest