Follow Us

The Smile Cover Lagu Radiohead Jadi Lebih Mengawang, Makin Berasa Kalo Band Ini Adalah Radiohead 2.0

Mohammad Farras Fauzi - Sabtu, 19 Maret 2022 | 19:05
The Smile
Press Photo by Alex Lake

The Smile

HAI-Online.com - Sejak awal muncul, The Smile sering disebut sebagai Radiohead 2.0 atau Radiohead part 2.

Selain berisi dua personel Radiohead (Thom Yorke dan Jonny Greenwood), yaa musiknya emang kayak Radiohead versi lebih minimalis.

Nah, kali ini mereka malah cover lagu Radiohead.

The Smile merilis single 'Skrting on the Surface' yang merupakan hasil gubah ulang dari lagu milik Radiohead sebelumnya.

Selain berisi Thom Yorke dan Jonny Greenwood, The Smile mengajak drummer Tom Skinner untuk memberikan aura repetisi khas post-punk yang menjadi ciri khas.

Untuk menggubah ulang 'Skrting on the Surface' kali ini, Thom Yorke masih bermain-main dengan kepiawaiannya untuk mengolah vokal via falsettonya yang khas.

Sementara Jonny Greenwood tetap menjadi dirinya yang asik bermain-main dengan raungan suara gitarnya yang versatil dan nggak terbatas.

Baca Juga: Dua Mantan Member JKT48 Jadi Penyanyi Solo, Mencoba Lepas dari Bayang-bayang Idol Group

Yang menarik adalah bagaimana ketukan drum Tom Skinner yang stabil dan rata, sehingga berpadu untuk membuat pola lagu 'Skrting on the Surface' jadi jauh lebih mengawang.

Lagu ini sebenarnya udah pernah dibawain oleh Thom Yorke sendirian, saat doi ngebawain lagu ini live di tur bareng Atoms for Peace pada 2009 lalu.

Setelah diawali oleh penampilan Thom Yorke tersebut, Radiohead acap kali memainkan lagu ini di panggung di era 2012-an saat mereka lagi tur akbar di AS.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest