Follow Us

Inilah Musisi yang Menurut Ahmad Dhani Memengaruhi Album Pandawa Lima Dewa 19

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 22 Februari 2022 | 19:35
Dewa 19 formasi Pandawa Lima
HAI

Dewa 19 formasi Pandawa Lima

HAI-Online.com – Di awal karier bermusiknya, Dewa 19 diketahui banyak bereksperimen memasukkan berbagai unsur musik, mulai dari jazz hingga rock.

Menurut sang pentolan, Ahmad Dhani, warna musik yang bervariasi tersebut muncul dari banyaknya referensi musik yang mereka dengerin.

“Kalo musikku nggak beragam, nggak mungkin bisa bikin musik yang seberagam itu di Dewa,” ujar kibordis sekaligus leader Dewa 19 ini saat ngobrol di channel YouTube Setiawan Winarto.

Memang udah bukan rahasia lagi bahwa para personel Dewa 19 memang membawa cukup banyak referensi musik dari berbagai genre.

Baca Juga: Inilah Alasan Andra Masih Bertahan di Dewa 19 Sampai Saat Ini, Ternyata Ada Faktor Ahmad Dhani

Ahmad Dhani pun dikenal kerap mengambil inspirasi dari lagu yang ia dengerin buat diaplikasikan ke Dewa 19.

“Aku rasa Dewa itu sih salah satu band yang musiknya beragam. Musiknya macem-macem. Karena ya kita banyak denger,” ungkap dia.

Dhani kemudian mencontohkan salah satu album yang banyak terpengaruh dari musisi-musisi yang ia idolai, yakni ‘Pandawa Lima’ (1997).

Album ini sendiri dinilai para pendengarnya cukup berbeda jika dibandingkan dengan album-album Dewa 19 sebelumnya. Musisi jazz asal Amerika Serikat, Pat Metheny disebut Dhani-lah yang banyak memberi pengaruh di album ini.

“Jadi Pat Metheny itu memengaruhi Dewa 19 di album Pandawa Lima. Dengerin ‘Satu Sisi, dengerin ‘Suara Alam’ itu. Bahkan ada suara gitar synthesizer di Suara Alam,” ujarnya.

Baca Juga: Jadi Masterpiece-nya Dewa 19, Ari Lasso Sebut Album 'Pandawa Lima' itu Sederhana tapi Rumit Aransemennya

Selain itu, Dhani juga menyebut band progresif rock, Yes menjadi salah satu inspirasinya, sebagaimana yang terdengar lewat trek ‘Kirana’.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest