Follow Us

Inilah 3 Negara yang Sudah Nggak Mewajibkan Penggunaan Masker

Ferry Budi Saputra - Selasa, 22 Februari 2022 | 17:05
Denmark

Denmark

HAI-Online.com – Beberapa negara di Eropa ini tercatat mulai melonggarkan aturan protokol kesehatan alias sudah nggak mewajibkan penggunaan masker meski pandemi COVID-19 masih berlangsung.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menilai keputusan yang dilakukan beberapa negara tersebut masih terlalu prematur. Para pemimpin di beberapa negara itu menyebut bahwa warga negaranya telah memperoleh cakupan vaksinasi primer dan booster, makanya mereka berani untuk menerapkan keputusan tersebut.

Baca Juga: 4 Kriteria Sembuh bagi Pasien Omicron berdasarkan SE Menkes Terbaru

Berikut ini 3 negara yang sudah nggak mewajibkan penggunaan masker hingga memperbolehkan menggelar konser.

1. Italia

Italia menjadi salah satu negara yang mengizinkan warganya melepas masker saat berada di luar ruangan.

Aturan tersebut kembali berlaku seiring kasus virus corona yang mulai mereda di negara tersebut. Selain itu, capaian vaksinasi para penduduknya juga terbilang sudah cukup tinggi.

Dilansir dari France24, Perdana Menteri Mario Draghi mengatakan bahwa 91 persen orang berusia di atas 12 tahun telah menerima setidaknya satu dosis. Peraturan pelonggaran penggunaan masker itu berlaku hingga 31 Maret 2021 dan ada kemungkinan untuk diperpanjang.

Meski nggak diwajibkan, tetapi pemerintah Italia tetap menganjurkan penggunaan masker di luar ruangan. Sebelumnya, pemerintah Italia pernah menetapkan aturan nggak wajib masker pada Desember 2021.

Kini, pemerintah Italia juga kembali membuka klub malam dengan pembatasan kapasitas dan hanya diwajibkan menunjukkan bukti vaksin Covid-19.

2. Spanyol

Spanyol juga telah menetapkan aturan nggak mewajibkan penggunaan masker. Sebab, negara tersebut telah mencapai tingkat vaksinasi yang sudah tinggi disertai dengan penurunan jumlah infeksi serta angka rawat inap yang lebih rendah daripada sebelumnya.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest