Follow Us

Ahmad Dhani Ungkap Alasan Dewa 19 Selalu Kompak Seragaman pas Manggung

Hanif Pandu Setiawan - Sabtu, 29 Januari 2022 | 10:00
Dewa 19 era 'Laskar Cinta'
via Tribun News

Dewa 19 era 'Laskar Cinta'

HAI-Online.com – Dewa 19 termasuk salah satu dari banyak band Indonesia yang sering tampil mengenakan kostum yang seragam saat manggung.

Meski begitu, kebiasaan ini baru mulai mereka lakukan mulai awal 2000. Pentolan Dewa 19 tersebut mengatakan, di era 90-an, mereka masih terbawa oleh tren grunge yang lagi naik banget kala itu.

Sebab, dalam obrolannya bersama Hanin Dhiya lewat channel YouTube-nya, buat urusan fashion manggung, Ahmad Dhani mengatakan Dewa 19 selalu menyesuaikan era di mana mereka berada.

“Kalau itu tergantung masanya. Jadi ada masa di mana itu masa grunge itu melanda," jelas Ahmad Dhani.

Menurutnya pada masa itu, musisi akan dianggap ketinggalan zaman jika berdandan mewah.

“Jadi waktu itu 90-97 itu dandanannya itu lebih yang casual," ujarnya.

Baca Juga: Ari Lasso Sebut Lagu Selatan Jakarta di Album Pandawa Lima Dewa 19 Sempat Dibenci Orang-Orang, Gara-gara Ini

Namun seiring berjalannya waktu, Dewa 19 pun mulai mengubah konsep dandanan manggung mereka pada awal 2000-an. Dhani mulai memperkenalkan konsep seragam pada setiap Dewa 19 manggung.

“Lalu mulai berubah tahun 2000 udah nggak ada lagi itu, Dewa 19 mulai bikin konsep sendiri dengan pakai baju kembaran, seragam," jelas Ahmad Dhani.

Pada saat yang bersamaan, di momen ini Dewa 19 memang tengah memasuki lembaran baru setelah vokalis utama mereka, Ari Lasso digantikan oleh Once Mekel.

Menurutnya, Dewa 19 saat itu banyak terinspirasi oleh gaya berpakaian necis The Beatles.

“Karena kita waktu itu ngambil (inspirasi) Beatles kan. Ada nuansa pembaharuan lah karena pada waktu itu tahun 2000 penyanyinya Once. Dan itu fashion-nya Dewa 19 tuh, pakai jas kembar, pakai baju gothic kembar," ungkap Ahmad Dhani.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest