Follow Us

3 Penyebab Utama Henti Jantung di Usia Muda yang Bisa Picu Kematian Mendadak

Ferry Budi Saputra - Jumat, 28 Januari 2022 | 16:05
Ilustrasi sakit jantung
PIXABAY/PEXELS

Ilustrasi sakit jantung

HAI-Online.com - Bukan cuma orang tua, tetapi anak muda juga bisa mengalami kondisi henti jantung. Disebutkan bahwa salah satu penyebab kematian mendadak dikalangan orang muda, khususnya yang berusia 35 tahun ke bawah adalah serangan jantung.

Melansir Kompas.com, informasi dari Mayo Clinic, sekitar 1 dari setiap 50.000 kematian jantung mendadak terjadi pada atlet muda setiap tahunnya. Penyebabnya bervariasi, namun paling sering disebabkan oleh kelainan jantung.

Baca Juga: Ini 4 Tanda Diabetes yang Kerap Nggak Disadari, Salah Satunya Tidur Siang Kelamaan

Perlu kalian ketahui nih, beberapa penyebab umum kasus henti jantung dikalangan orang muda.

1. Kardiomiopati hipertrofik

Kondisi ini terjadi karena terdapar penebalan di dinding jantung. Otot jantung yang menebal bisa menyebabkan detak jantung menjadi cepat atau tidak teratur (aritmia). Kondisi ini yang bisa bikin kematian jantung mendadak.

2. Kelainan arteri koroner

Beberapa kasus menyebut orang dilahirkan dengan arteri jantung (arteri koroner) yang terhubung secara nggak normal. Artinya aliran arteri nggak bisa memberikan aliran darah yang tepat ke jantung.

3. Long QT syndrome

Long QT syndrome (LQTS) adalah kondisi irama jantung yang berpotensi menyebabkan detak jantung cepat dan kacau. Detak jantung yang cepat bisa membuat jatuh pingsan dan bisa juga mengalami kejang. LQTS dapat menyebabkan kematian mendadak dikarenakan kelainan struktural jantung.

Baca Juga: Suka Nyari 'Comfort Food' Pas Lagi Stres? Ketahui Plus Minusnya Deh

Penyebab lain kematian mendadak

Selain henti jantung, penyakit jantung yang nggak terdeteksi sejak lahir (bawaan) dan kelainan otot jantung juga bisa memicu kematian mendadak. Penyebab lainnya termasuk radang otot jantung, yang dapat disebabkan oleh virus dan penyakit lainnya.

Nah, buat kalian anak muda alangkah baiknya untuk memulai hidup sehat, sehingga kondisi badan dan jantung pun bisa ikut sehat. Semoga informasi tadi bermanfaat buat kalian.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Picu Kematian Mendadak, Ini Penyebab Henti Jantung di Usia Muda"

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest