Follow Us

Giat Suarakan Isu Lingkungan, Leonardo DiCaprio Diabadikan sebagai Nama Pohon Langka

Hanif Pandu Setiawan - Sabtu, 08 Januari 2022 | 14:00
Pohon langka yang tumbuh di Kamerun ini memiliki nama resmi Uvariopsis dicaprio yang diambil dari aktor Leonardo DiCaprio.
Kolase Lorna MacKinnon-Wikimedia

Pohon langka yang tumbuh di Kamerun ini memiliki nama resmi Uvariopsis dicaprio yang diambil dari aktor Leonardo DiCaprio.

HAI-Online.com – Aktor Leonardo DiCaprio mendapat kehormatan besar setelah dirinya diabadikan oleh para peneliti dari Royal Botanic Gardens di Inggris sebagai nama sebuah spesies pohon langka baru.

Penamaan ini bukannya tanpa alasan. Pasalnya, Leonardo DiCaprio dianggap punya jasa yang nggak sedikit dalam upaya menyelamatkan hutan hujan dari penebangan.

Dilansir dari BBC, Kamis (6/1/2022), pohon yang memiliki nama resmi Uvariopsis dicaprio ini cuma tumbuh di hutan Kamerun, Afrika Tengah, yang dikenal akan keanekaragaman hayatinya.

"Kami menganggap, dia (Leonardo DiCaprio) sangat berjasa dalam membantu menghentikan penebangan Hutan Ebo," ujar Dr Martin Cheek dari Kew, kelompok peneliti dari Royal Botanic Gardens.

Baca Juga: Tribute buat Band Metal Prancis Ini, Ilmuwan Namai Tiga Fosil Bintang Ular Pake Nama 'Gojira'

Sebelumnya diberitakan, muncul rencana untuk mengizinkan sebagian besar Hutan Ebo dibuka untuk penebangan.

Sebagai upaya menghentikan rencana itu, para ilmuwan dan konservasionis pun menuliskan surat kepada pemerintah untuk mendokumentasikan spesies hewan dan tumbuhan berharga yang terancam punah.

Nah, isu lingkungkan tersebutlah yang kemudian di-posting aktor 47 tahun tersebut melalui media sosialnya.

Baca Juga: Ketemu Leonardo DiCaprio Pascapandemi COVID-19, Kate Winslet: Aku Nangis

Isu tersebut ia unggah untuk menarik perhatian terkait dengan pemberian izin penebangan pohon yang telah diumumkan di Hutan Ebo beberapa waktu lalu—yang mengancam keberadaan pohon langka di hutan tersebut.

Yup, selain menjadi aktor, nama Leonardo DiCaprio memang dikenal cukup aktif sebagai aktivis lingkungan yang gencar melakukan kampanye di media sosial miliknya.

Para peneliti yang menemukan pohon itu menyebut, Uvariopsis dicaprio bakal diklasifikasikan sebagai anggota keluarga kenanga (Cananga odorata) yang berkerabat dekat dengan kenanga dari India, Asia Tenggara, Filipina, Indonesia, dan Australia.

“Masih ada ribuan spesies tumbuhan dan mungkin jutaan spesies jamur di luar sana yang belum kita ketahui. Habitat alami, tempat mereka tumbuh semakin dihancurkan oleh manusia tanpa tahu apa yang ada di sana,” jelas Cheek. (*)

Baca Juga: 7 Aktor yang Hampir Meranin Peter Parker untuk Film Spider-Man

Source : BBC

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest