Follow Us

5 Kampus dengan Jurusan Performing Arts Terbaik se-Asia, Salah Satunya dari Indonesia!

Hanif Pandu Setiawan - Sabtu, 08 Januari 2022 | 10:00
Kegiatan seni di Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
DOK. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Kegiatan seni di Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

HAI-Online.com – Meski peminatnya nggak setinggi jurusan favorit seperti kedokteran, hukum atau ilmu komunikasi, seni pertunjukan atau performing arts menjadi jurusan yang kerap jadi pilihan bagi calon mahasiswa.

Biasanya mereka yang tertarik melanjutkan pendidikan tinggi di jurusan seni pertunjukan adalah untuk menyalurkan bakat dan minat di bidang seni.

FYI, seni pertunjukan itu punya banyak pilihannya, lho. Calon mahasiswa bisa memilih fokus studi mulai dari seni musik, seni tari, seni teater, dan lainnya.

Nah, kuliah di jurusan seni pertunjukan nantinya mahasiswa bakal mempelajari proses berkarya seni mulai dari teori seni, merancang konsep, menciptakan karya, sampai menyajikan karyanya bagi publik.

Sebagai referensi, ada setidaknya lima universitas dengan jurusan seni pertunjukan terbaik se-Asia versi QS Top Universities periode 2021, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

Bahkan ada kampus dari Indonesia juga, lho. Biar nggak penasaran, yuk kita simak bareng-bareng daftaranya!

Baca Juga: Inilah 10 Kampus Paling Lestari di Indonesia Versi UI GreenMetric 2021

1. Hong Kong Academy for Performing Arts (Wan Chai, Hong Kong)

Didirikan pada 1984 oleh The Hong Kong Academy for Performing Arts Ordinance, Hong Kong Academy for Performing Arts menjadi perguruan tinggi terkemuka di Asia yang fokus pada bidang seni pertunjukan.

Universitas ini menawarkan enam Program Studi (Prodi) Strata Satu (S1) Bidang Seni Pertunjukan, yaitu Dance, Music, Chinese Opera, Drama, Film and Television, serta Theatre and Entertainment Arts.

Menjadi universitas dengan jurusan Seni Pertunjukan terbaik di Asia versi QS Top Universities, Hong Kong Academy for Performing Arts juga menawarkan Prodi Strata Dua (S2) yaitu Master of Fine Arts in Dance, Master of Fine Arts in Drama, Master of Fine Arts in Cinema Production, Master of Fine Arts in Theatre and Entertainment Arts, dan Master of Music.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest