Follow Us

Ceritain Sulitnya Belajar Gitar Waktu Kecil, Andra: Kalo Ngulik Harus Puter Bolak-balik Kaset Sampe Melar

Ferry Budi Saputra - Sabtu, 25 Desember 2021 | 19:00
Andra Ramadhan dan Desta
YouTube/ VINDES

Andra Ramadhan dan Desta

HAI-Online.com - Andra Ramadhan yang merupakan gitaris Dewa 19 mengungkapkan bagaimana dirinya mempelajari gitar sewaktu kecil. Seperti diketahui pada tahun 80-an nggak seperti sekarang ini yang bisa belajar dan nyari chord gitar melalui internet atau YouTube.

Mengenai bagaimana ia mempelajari gitar, Andra menyebut kalo cara yang dirinya terapkan pada saat itu begitu berbeda dan terkesan jadul serta sulit.

Baca Juga: Puji Peran Vega Antares untuk Dewa 19, Andra: Dia Jadi Orang yang Penting Buat Band

Gitaris itu mengungkapkan pertama kali dirinya belajar gitar itu ketika kelas 1 SMP dan belajarnya pun secara otodidak.

"Belajar sendiri. Belum ada YouTube. Jadi kalo ngulik yaudah kaset puter bolak-balik sampe melar gitu," ungkap Andra dalam YouTube VINDES.

Andra menjelaskan kalo dalam keluarganya hanya kakeknya aja yang memang menggeluti dunia musik sebagai pemain biola, sedangkan orang tuanya nggak ada satu pun yang bermain musik.

Tetapi, ia menyebut kalo orang tuanya lah yang mempengaruhi selera musiknya dikarenakan pada zaman itu mereka mengoleksi kaset musik yang juga didengarkannya.

Andra mengatakan kebanyakan kaset yang dimiliki orang tuanya itu berisi lagu-lagu jadul baik Indonesia maupun luar negeri seperti Iwan Fals, Ebiet G. Ade, Queen dan The Beatles.

Baca Juga: Ungkap Reaksi Para Personel soal Kekeliruan Nama Dewa 19, Andra: Salah Kaprah, tapi Ya Sudah Lah

Selain itu, Andra juga ngebahas sosok Ahmad Dhani semasa SMP. Menurutnya, kesan pertama yang dirasakan ketika pertama kali melihat pentolan Dewa 19 itu adalah sosok yang nyebelin.

"Sudah nyebelin dari kelas 1 gue belom kenal. Belom kenal aja udah, 'Nih tengil banget nih,' Kayak jalannya aja emang gitu kan," ungkapnya.

Tetapi, Andra menyebut pas satu kelas dengan Ahmad Dhani di kelas 2, mereka jadi teman dekat. Nah, dari situ terlihat kalo sebenarnya watak dan cara berteman Ahmad Dhani begitu asik. (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest