Follow Us

Ungkap Reaksi Para Personel soal Kekeliruan Nama Dewa 19, Andra: Salah Kaprah, tapi Ya Sudah Lah

Hanif Pandu Setiawan - Sabtu, 18 Desember 2021 | 14:23
Dewa 19 formasi pertama
Dok. HAI

Dewa 19 formasi pertama

HAI-Online.com – Terlepas dari image yang udah sangat melekat di telinga pendengarnya, nama Dewa 19 ternyata berawal dari salah kaprah.

Buat yang belum tahu nih, Ahmad Dhani cs sendiri awalnya cuma menamai band mereka ‘Dewa’ yang merupakan singkatan dari nama-nama para personelnya—Dhani, Erwin, Wawan, Andra plus Ari Lasso.

Hal itu bermula saat mereka merilis album debut berjudul ‘19’ pada tahun 1992. Gitaris Dewa 19 Andra Ramadhan mengonfirmasi hal itu saat berbincang dalam podcast channel YouTube VINDES baru-baru ini.

Saat ngobrol dengan Vincent Rompies dan Desta Mahendra, Andra mengatakan, angka 19 sebenarnya bukanlah bagian dari nama dari bandnya.

"Namanya? Itu orang salah kaprah juga. Sebenarnya albumnya itu judul, title-nya 19. Nama bandnya cuma Dewa," jelas Andra Ramadhan.

Baca Juga: Dewa 19 Belum Punya Vokalis Tetap Sampai Sekarang, Andra: Susah Cari Pengganti Penyanyi Kayak Ari Lasso dan Once

Layout atau tata letak nama band dan judul album pada sampul tersebutlah yang diduga kuat bikin orang-orang mengira nama mereka adalah Dewa 19.

"Cuma pasangnya waktu itu kan tulisan 19-nya itu nyambung dalam satu tulisan. Jadi orang ngiranya Dewa 19," beber Andra.

Yup, jika kita lihat pada desain sampul album pertamanya, angka '19' memang diletakkan persis di bawah huruf 'E'. Meski begitu, para personel Dewa 19, termasuk Andra pun akhirnya menerima ‘nama pemberian’ dari pendengarnya itu karena udah telanjur dikenal demikian.

Logo ini pun jadi sangat melekat pada mereka hingga akhirnya Dhani cs pun memutuskan menggunakan nama Dewa 19 hingga album 'The Best of Dewa 19' (1999).

Nah soal makna di balik judul albumnya sendiri, Andra mengatakan bahwa angka ‘19’ merepresentasikan usia masing-masing personelnya saat menggarap album ini.

“Sebenarnya kan Dewa, tapi akhirnya ya sudah lah. Itu judul album 19. Waktu itu umur 19 tahun buat album," pungkasnya.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest