Follow Us

Once Ngaku Pernah Stres Gara-gara Suaranya Sempat Hilang Selama 5 Tahun

Ferry Budi Saputra - Minggu, 05 Desember 2021 | 19:05
Once Mekel
Instagram/ @oncemekelofficial

Once Mekel

HAI-Online.com - Once secara blak-blakan menceritakan sempat nggak bisa nyanyi selama 5 tahun dari 1993 hingga 1998 dikarenakan alergi yang ia alami. Penyanyi itu menuturkan, saat itu suaranya nggak bisa keluar karena alergi debu.

Alergi debu itu yang membuat tenggorokan Once mengeluarkan lendir sehingga menutupi pita suaranya. Akibatnya, suaranya nggak bisa keluar, otomatis dia nggak bisa bernyanyi pada saat itu.

Baca Juga: Punya Suara Tinggi yang Khas, Once Anggap Sosok Inilah yang Bisa Menyaingi Suaranya

"Jadi pita suara itu jadi nggak lentur. Karena nggak lentur ya nggak bisa keluar lah suaranya. Pusing, stres, depres, udah limit lah," ungkap Once dalam YouTube Badai TV.

Bahkan, Once menyebut dia udah merasa nggak bakal bisa nyanyi lagi kedepannya gara-gara alergi tersebut. Ia mengungkapkan biasanya kalo nyanyi sampe serek, recovery cuma butuh 3 hari tetapi saat itu seminggu suaranya masih nggak bisa balik juga.

"Ngomong bisa, cuma nyanyi satu dua lagu terus langsung kayak vokalnya capek gitu sakit, suaranya nggak bisa naik lagi, ya nggak bisa gerak, pita suara lo ketutup sama lendir. Jadi seminggu nggak sembuh, dua minggu nggak sembuh, sebulan baru gua ke dokter, dikasih antibiotik apa gitu, nggak sembuh juga," ungkapnya.

Setelah sebulan nggak sembuh juga, Once mengaku langsung ganti dokter. Saat itu memang nggak ada diagnosa kalo dia itu menderita tumor, tetapi dibilang cuma radang akut.

Baca Juga: Formasi 'Bintang Lima' Justru Sukses Gaet Pendengar Baru Dewa 19, Ahmad Dhani: Gara-Gara Once sama Tyo

Once ungkap sempat merasa nyerah pada saat itu, karena setahun nggak sembuh-sembuh. Dia menganggap kariernya sebagai penyanyi sudah selesai pada saat itu.

Setelah usaha mendatangi banyak dokter namun nggak berhasil, Once berpikir kesembuhannya pada saat itu sepertinya harus dimulai dari dirinya sendiri.

"Gue langsung pikir berarti badan dan mental gue yang nggak bener, karena obat yang dikasih nggak ada yang mempan. Psikologi dan fisik ya. Jadi kayak hidup, mungkin banyak keluar malem segala macem, gue pikir ini yang mesti diberesin nih, jadi gue berhenti dulu tuh job segala macem, kalo berdoa udah tiap hari itu gue lakuin," ungkap Once.

Baca Juga: Punya Nama Asli Elfonda Mekel, Once Sebut Namanya Terinspirasi dari Elvis Presley

Penyanyi itu berpikir dirinya nggak boleh kelamaan jatoh dan terlena dengan alergi yang dideritanya. Jadi, Once memilih untuk perbaiki pola pikir, gaya hidup dan mental. Bahkan ia mulai untuk olahraga pagi setiap harinya pada waktu itu.

Setelah apa yang dilakukannya itu, Once mengaku dirinya mulai membaik dan sembuh dari alergi yang dideritanya. Bahkan, selepas kesembuhannya itu, karier Once semakin menanjak dan suara yang dimilikinya pun semakin luar biasa. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest