Follow Us

Once Dipilih Jadi Vokalis Dewa 19 Karena Punya Suara Tinggi, Ahmad Dhani: Kalo Nggak Tinggi Mending Gue Aja Jadi Vokalisnya!

Ferry Budi Saputra - Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:35
Ahmad Dhani
HAI/Fariz

Ahmad Dhani

HAI-Online.com - Ahmad Dhani secara terang-terangan mengungkapkan kalo syarat jadi vokalis Dewa 19 itu cukup simpel yaitu harus punya suara tinggi. Pantas saja melihat penyanyi yang pernah dimiliki band tersebut seperti Ari Lasso dan Once, keduanya sama-sama memiliki suara tinggi yang bagus.

Berbicara dalam channel YouTube Video Legend tahun lalu, penyanyi suara tinggi itu sangat diperlukan oleh Dewa 19. Ahmad Dhani menyatakan kalo suara rendah bisa diisi olehnya.

Baca Juga: Pengen Punya Vokalis Dewa 19 yang Menonjol, Ahmad Dhani Pernah Paksa Once buat Les Vokal

"Jadi kalo syarat menjadi penyanyi Dewa itu nggak harus bersuara tinggi, gue juga bisa menjadi penyanyi Dewa 19. Tapi karena gue suaranya nggak tinggi, sehingga kita harus tetap mencari seorang penyanyi yang suaranya tinggi, notnya ya," ungkap Ahmad Dhani.

Musisi tersebut juga mengatakan semisal Dewa 19 diisi sama vokalis yang bersuara rendah itu kurang bagus. Menurutnya, suara rendah itu bisa diisi sama dia.

Ia juga angkat bicara mengenai pemilihan Once sebagai vokalis Dewa 19 di album Bintang Lima (2000). Menurutnya, Once masuk dalam kriteria yang diinginkannya yaitu memiliki suara tinggi yang bagus. Sedangkan, kalo suara rendah Once itu nggak kuat ngambilnya.

"Sehingga di dalam album Bintang Lima itu ada perpaduan yang baik, range vocal di setiap bagian rendah gue yang ambil. Kayak misalnya lagu Sayap-sayap Patah itu gue yang ambil, karena Once nggak kuat rendah segitu. Tapi pas tingginya pasti Once," ungkapnya.

Baca Juga: Awalnya Once Kesulitan Gantiin Peran Ari Lasso di Dewa 19, Ahmad Dhani: Beberapa Lagunya Jadi Hits Akhirnya Fans Mengakuinya

Melihat bagaimana alasan Once dipilih, makin meyakinkan kalo pada saat itu Dewa 19 memang mencari penyanyi yang memiliki suaranya tinggi dan nge-rock. Bahkan, Ahmad Dhani sendiri mengakui kalo Once itu memiliki suara lebih nge-rock daripada Ari Lasso.

Masuknya Once pada saat itu membuat semua konsep Dewa 19 berubah, termasuk aliran musiknya yang pindah haluan menjadi lebih nge-rock. Ia mengatakan nge-rock-nya Dewa 19 pada saat itu juga harus mengikuti karakteristik penyanyi barunya yaitu Once.

Setelah Ari Lasso dan Once sudah nggak ada di Dewa 19, ternyata syarat khusus menjadi vokalis band tersebut masih berlaku. Terbukti belakangan ini Virzha ditunjuk menjadi vokalis dan beberapa kali sempat tampil bersama Dewa 19. Virzha sendiri memiliki suara tinggi yang memang cukup impresif.

Baca Juga: Inilah Alasan Ahmad Dhani Pilih Rere Daripada Ronald untuk Ngisi Album Terbaik Terbaik Dewa 19

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest