Follow Us

Once Ungkap Rahasia di Balik Karakter Vokalnya yang Unik, Dulu Pernah Demam Tinggi!

Hanif Pandu Setiawan - Senin, 08 November 2021 | 16:00
Once Mekel
HAI

Once Mekel

HAI-Online.com – Elfonda ‘Once’ Mekel membeberkan rahasia di balik karakter vokalnya yang unik dan punya ciri khas tersendiri. Yup, udah bukan rahasia bahwa eks vokalis Dewa 19 ini memiliki suara yang bisa dibilang sangat jarang ditemukan di Indonesia.

Bahkan ia kerap dijuluki sebagai Sting-nya Indonesia!

Saat ditanya tentang rahasia suara uniknya, Once mengungkapkan beberapa fakta yang membuat dirinya memiliki karakter vokal yang sampai sekarang sangat ikonik dengan gaya sengau dan nada tingginya.

“Gue nggak tahu, kata nyokap gue sih waktu kecil gue suka kena demam tinggi gitu sampai suara gue nggak bisa keluar. Mungkin seminggu lebih,” ujar musisi 51 tahun tersebut saat ngobrol di podcast channel YouTube BADAI TiVi.

Ia mengungkapkan sejak sembuh dari demam tinggi yang ia alami waktu kecil tersebut, menurut ibundanya dirinya justru mengalami perubahan suara.

“Semenjak itu suara gue agak-agak serek, kata nyokap gue suara gue parau. Nah itu satu faktor,” ungkap Once.

Baca Juga: Sering Dianggep Sting-nya Indonesia, Once Pernah Ketipu Suaranya Sendiri!

Selain itu, Once mengatakan bahwa suara yang ia miliki ini juga dipengaruhi oleh faktor genetik keluarganya. Ia menyebut karakter suaranya serupa dengan kakaknya, yang sama-sama punya nada tinggi.

“Selain itu juga faktor keturunan karena kakak gue juga lumayan mirip sama gue suaranya.

Yang membedakan, suara kakaknya tersebut dinilai Once lebih tinggi dari yang ia miliki.

“Bahkan waktu gue kecil waktu gue pertama kali bikin band, yang nyanyi lagu-lagu yang nadanya tinggi itu kakak gue, bukan gue. Gue segini, kakak gue lebih tinggi lagi suaranya. Jadi ada kemiripan,” ujar Once.

Sementara itu, pengaruh musisi-musisi yang jadi favoritnya juga berperan dalam membentuk karakter Once seperti yang kita dengar sekarang. Doi ngaku bahwa dirinya cukup banyak mendapat influence dari lagu-lagu yang ia denger semasa remaja.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest