Follow Us

Ari Lasso Jelasin Kenapa Ada Suara 'Cek Dhan' di Akhir Lagu 'Kamulah Satu-satunya' Dewa 19

Ferry Budi Saputra - Jumat, 12 November 2021 | 09:42
Personel Dewa 19 di awal terbentuk
instagram.com

Personel Dewa 19 di awal terbentuk

HAI-Online.com - Ari Lasso secara blak-blakan mengungkapkan rahasia di balik suara yang terdapat di lagu Dewa 19 yang berjudul 'Kamulah Satu-satunya'. Kalo diperhatikan pada akhir lagu tersebut ada suara "Cek Dhan" yang terdengar.

Hingga kini bikin penasaran banyak orang, lantas apa ya maksud dari suara "Cek Dhan" yang ada di akhir lagu 'Kamulah Satu-satunya'?

Mengenai hal tersebut, Ari Lasso menuturkan kalo kata-kata terakhir di lagu tersebut yang diucapkannya memang "Cek Dhan", bukan "Get Down". Bahkan, rahasia suara tersebut juga sempat viral di media sosial kala itu.

Baca Juga: Ahmad Dhani Beberin Rahasia di Balik Lagu Roman Picisan Dewa 19, Ternyata Ada di Bagian Reff-nya

Ari Lasso menjelaskan kalo suara "Cek Dhan" itu dimaksudkan agar Ahmad Dhani mengecek vokalnya di akhir lagu sehabis menyanyi. Tetapi, suaranya itu malah kerekam dan masih ada hingga mastering.

"Ketika lagu udah selesai, gue ngomong 'Cek Dhan', maksud gue itu dicek yuk vokalnya, Dhani yang operatorin saat itu. Ternyata udah abis reff-nya, gue bilang 'Cek Dhan', gitu aja. Ternyata 'Cek Dhan' itu terlupakan, sampai ketika mastering, loh kok masih ada ini kalimatnya. Nggak terhapus," tutur Ari Lasso dalam YouTube Gofar Hilman.

Kenapa bisa lolos? Ia mengatakan kalo pas ngecek rekaman itu pasti yang nantinya didengerin sampai kalimat vokal terakhir aja, makanya suara itu nggak sempet ketahuan awalnya.

Baca Juga: Ada Rasa Saling Mengagumi di Antara Personel Dewa 19, Ari Lasso Suka Merinding Pas Opening

"Itu kan udah di-solo solo yang mau di-fade out. Begitu kita di-mastering, loh kok masih ada ini, terus kita dengerin lagi kok ketukannya pas, gue ngomongnya juga nggak fals, yaudah biarin aja deh," ucap Ari Lasso.

Mengenai suara "Cek Dhan" di akhir lagu 'Kamulah Satu-satunya', Ahmad Dhani sempat angkat bicara dalam YouTube Gofar Hilman pada Maret 2021. Ia menyatakan kalo suara itu sebenarnya memang sengaja dimasukin olehnya.

"Itu dimasukkan sengaja sebenernya, gimmick. Padahal dulu belum tau padahal ya, ternyata itu namanya gimmick. Tetapi kita dulu nggak tau itu apa ya bahasanya," terangnya.

Terungkap sudah misteri yang selama ini banyak dipertanyakan orang-orang. Memang kata-kata yang ada di akhir lagu 'Kamulah Satu-Satunya' adalah "Cek Dhan". Versinya Ari Lasso suaranya tersebut nggak sengaja kerekam dan kalo versinya Ahmad Dhani memang sengaja dimasukin ke dalam lagu.

Baca Juga: Ahmad Dhani Sebut Alasan yang Bikin Dirinya Ngajak Ari Lasso Gabung Dewa 19

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest