Follow Us

Alasan Andra Gabung Ahmad Band: Awalnya Iseng Tanggepin Ajakan Ahmad Dhani, Pas Nge-jam Bareng Lama-lama Keasikan

Ferry Budi Saputra - Rabu, 10 November 2021 | 14:05
Ahmad Band, 1998
Daus/HAI

Ahmad Band, 1998

HAI-Online.com - Ahmad Dhani melakukan sebuah gebrakan di luar Dewa 19 dengan mengusung proyek musik bernama Ahmad Band pada April, 1998. Band ini bisa dibilang sebagai pelampiasan Ahmad Dhani untuk menyalurkan selera musik rocknya saat itu.

Band tersebut menelurkan satu-satunya album yang berjudul Ideologi Sikap Otak. Dalam album tersebut mereka menggabungkan unsur musik rock dengan lirik-lirik yang mengkritik kehidupan sosial. Oleh sebab itu, bisa dibilang album yang digarap Ahmad Band ini cukup greget dan bernuansa panas.

Baca Juga: Alasan Inilah yang Bikin Bimo Sulaksono Mau Gabung Ahmad Band Setelah Dibujuk Dhani

Bukan hanya Ahmad Dhani saja yang tergabung dalam Ahmad Band, melainkan musisi beken lainnya juga menjadi personelnya. Di antaranya ada Andra (Dewa 19) dan Pay (eks Slank) sebagai gitaris, Bongky (eks Slank) sebagai bassis. Bimo Sulaksono mengisi posisi drummer yang saat itu juga masih memperkuat Netral (kini NTRL).

Mengenai pembentukan Ahmad Band, Ahmad Dhani menyatakan kalo band tersebut punya konsep yang jauh berbeda dengan Dewa 19.

"Dewa 19 kan banyak bicara tentang cinta, hubungan antara cewek dan cowok. Sedang Ahmad lebih menyorot kehidupan sehari-hari, termasuk politik," tegas Dhani, dikutip dari artikel HAI, 28 April 1998.

Memang nggak heran kalo dalam band tersebut juga melibatkan Andra Ramadhan. Pasalnya personel Dewa 19 itu merupakan konco kentel Ahmad Dhani sejak masih di Downbeat.

Baca Juga: Bandingin Fasilitas Pas Main di Ahmad Band dan Dewa 19, Bimo Sulaksono: Enak di Dewa, Kalo Ahmad Band Kamar Hotelnya Nggak Bagus

Namun, bukan sebatas karena pertemanan saja yang menjadi alasan dirinya bergabung dengan Ahmad Band. Gitaris tersebut menjelaskan beberapa alasannya yaitu, pertama nggak ada perjanjian tertulis yang melarang setiap personel Dewa 19 bersolo karier. Buktinya Ari Lasso saat itu sedang melakukan hal yang sama.

Kemudian yang kedua, pada saat itu sedang terjadi permasalahan dalam tubuh Dewa 19 yang nggak bisa ia jelaskan secara gamblang. Selain itu, ia mengaku saat itu memang ingin ngebantu Ahmad Dhani dalam proyek terbarunya tersebut.

"Yang pasti, awalnya saya menanggapi ajakan Dhani dengan iseng. Tapi setelah nge-jam beberapa kali, rasanya asyik juga. Ya, sudah. Apalagi Ari dan Erwin nggak mengeluh tentang keterlibatan saya," ungkap Andra.

Namun, setelah berkarya satu album bersama Ahmad Band, baik Andra dan personel lainnya memutuskan untuk menyudahi proyek tersebut lantaran masing-masing personel memiliki kesibukan dan jadwal yang ketat. Alhasil Andra kembali fokus berkarya di Dewa 19 bersama Ahmad Dhani, bahkan hingga sekarang mereka tetap saling bersama.

Baca Juga: Bahas Proses Rekaman Ahmad Band yang Dianggap Natural, Bimo Sulaksono: Dhani Produksinya Benar-benar Tulus

Artikel ini sebagian besar mengutip dari artikel HAI, 28 April 1998, tulisan Denny MR, dengan penambahan sejumlah informasi terbaru.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest