Follow Us

Berkat Andra, Ahmad Dhani Sebut Dirinya Bisa Jadi Kibordis yang Bisa Ngarang Lagu Pake Gitar

Hanif Pandu Setiawan - Sabtu, 11 September 2021 | 09:35
Ahmad Dhani dan Andra Ramadhan dalam proyek 'Kuldesak'.
Ahmad Dhani & Andra Ramadhan/Spotify

Ahmad Dhani dan Andra Ramadhan dalam proyek 'Kuldesak'.

HAI-Online.com – Tanpa mengesampingkan personel lainnya, bromance antara Ahmad Dhani dan Andra Ramadhan yang terjalin sejak remaja membuat Dewa 19 menjadi salah satu band rock yang paling disegani di Indonesia.

Kombinasi keduanyalah yang membuat Dewa 19 itu Dewa 19.

Jika Ahmad Dhani pernah bilang bahwa Andra Ramadhan merupakan gitaris yang istimewa karena bersahabat dekat dengan kibordis—yang nggak lain adalah dirinya sendiri—di sisi lain ia juga menyebut kemampuannya mengarang lagu juga terpengaruh banyak oleh Andra.

Kedekatan mereka yang terjalin sejak SMP membuat Dhani dan Andra bener-bener bisa menyerap inspirasi satu sama lain. Hal itu ia ungkapkan saat ngobrol bareng Virgoun dalam channel YouTube-nya Februari lalu.

“Kalo chord, karena saya dan Andra besar dengan main band fusion, jadi kita adalah musisi yang banyak paham soal chord," ujar Dhani dalam vlog berjudul Virgoun - Ahmad Dhani's Reaction.

Baca Juga: Ahmad Dhani soal Musik Elektronik: Dewa 19 Adalah Band yang Menggunakan Sequencer dari Awal!

Andra yang awalnya banyak belajar chord gitar dari Dhani justru kemudian menjadi sosok yang juga ngasih banyak pengaruh buat pentolan Dewa 19 tersebut, khususnya dalam hal mengarang lagu.

“Dari SMP, saya yang banyak ngajarin Andra soal chord gitar. Dulu Andra belum paham banyak soal chord gitar. Tapi seiring waktu berjalan Andra juga punya cara sendiri," tutur Dhani.

Dhani yang basically merupakan pemain kibord pun mengaku justru banyak mengarang lagu menggunakan gitar.

“Jadi aku juga banyak belajar dari Andra. Ngarang lagu dengan gitar. Saya itu pemain keyboard yang bisa ngarang lagu dengan gitar," kata dia.

Jadi nggak heran, Dhani menyebut dirinya sendiri sebagai musisi yang spesial dan berbeda dari orang kebanyakan.

“Yang pasti kebanyakan pemain keyboard biasanya, yang saya kenal, misalnya Indra Lesmana, Yovie Widianto, keahliannya mengarang lagu dari piano, dari keyboard," beber dia.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular