Follow Us

Jangan Ketipu Makanan, Begini 7 Tips Konsumsi Camilan Sehat Sebelum dan Sesudah Berolahraga

Al Sobry - Jumat, 10 September 2021 | 09:35
Perlu Diluruskan, Ini 8 Mitos Nutrisi Makanan Paling Sering Beredar di Asia Pasifik

Perlu Diluruskan, Ini 8 Mitos Nutrisi Makanan Paling Sering Beredar di Asia Pasifik

HAI-Online.com – Kamu lagi diet dan sering mengikuti sejumlah aturan makan dan ngemilnya? Nah, sebaiknya kamu jangan sampai salah jalan, karena banyak lho camilan yang diklaim sehat tapi nggak menyehatkan.

Padahal makanan ringan (camilan) yang sehat merupakan bagian penting dari program diet. Termasuk bagi atlet dan seseorang yang punya kegiatan aktif.

Makanya memakan makanan ringan dapat memastikan energi yang cukup untuk melakukan olahraga, meningkatkan pemulihan otot, meningkatkan kinerja mental, dan membantu menjaga komposisi tubuh yang sehat.

Baca Juga: Mau Tetap Sehat Mengikuti PTM Terbatas di Sekolah, Ini 6 Tips-nya!

Nah, Director, Sport Performance and Education, Herbalife Nutrition Dana Ryan mengatakan sebagai ahli olahraga dan diet, atlet sering bertanya kepadanya: Apa yang harus dimakan sebelum dan sesudah berolahraga? Apa sih makanan ringan saat berolahraga yang tepat dan enak?

Menjawab permasalahan ini, kamu perlu menyimak apa saja jawabannya biar kita nggak ketipu makanan diet.

“Camilan sehat yang dikonsumsi di antara waktu makan utama (snacking) diperlukan untuk mendapatkan tambahan kalori dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita. Jumlah dan jenis makanan ringan harus ditentukan oleh jadwal aktivitas, akademik, kegiatan fisik, bahkan waktu tidur," jelas Dana Ryan.

Menurutnya, kunci dari memilih camilan adalah membuat pilihan makanan ringan yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan nutrisi dan tujuan dari program diet yang dijalankan.

Biar nggak slaah jalan lagi, berikut adalah tips bagaimana makanan ringan atau camilan yang sehat itu:

Baca Juga: Jalani Diet Ketat, El Rumi Masuk UGD, Ahmad Dhani: Biar Badannya Keren kayak Bapaknya

1. Kombinasikan Protein Tanpa Lemak dengan Karbohidrat dan/atau Lemak Sehat

Secara umum, pikirkan keseimbangan saat mencari makanan ringan untuk menahan rasa lapar. Padukan makanan kaya protein dengan karbohidrat atau lemak sehat untuk camilan seimbang.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest