Follow Us

Buntut Skandal Kris Wu, Pemerintah China Perketat Aturan untuk Fandom

Hanif Pandu Setiawan - Minggu, 29 Agustus 2021 | 10:05
Kris Wu
Straits times

Kris Wu

HAI-Online.com – Semenjak kasus eks member Exo, Kris Wu tentang tuduhan pemerkosaan rame jadi pembicaraan di seluruh dunia, pemerintah China mulai memperketat aturan dalam memuja idol mereka.

Pihak berwenang China juga memperkuat manajemen mereka dan bakal melakukan pengawasan pada fandom selebriti di China.

Melansir Global Times, Cyberspace Administration of China (CAC) menerbitkan pemberitahuan pada hari Jumat di situs webnya. Mereka meminta kantor provinsi untuk meningkatkan upaya memperbaiki kekacauan pada sirkel fandom dan meminta platform hiburan melakukan tugas mereka untuk menangkal pemujaan idol yang nggak rasional.

Hal nggak rasional yang dimaksud antara lain memuat tindakan secara membabi buta mengidolakan selebriti, dan menghabiskan uang secara berlebihan untuk memuja idol mereka. Ada wacana juga perilisan tangga lagu populer juga akan dilarang.

Baca Juga: Kasus Pelecehan Seksual Berlanjut, Kris Wu Resmi Ditahan Polisi Beijing

Selain itu, anak di bawah umur juga akan dilarang membelanjakan uang untuk mendukung idola mereka.

Secara khusus, klub fandom juga dilarang mengumpat atau menyebarkan desas-desus palsu secara online. Platform online yang nggak mengelola fandom ini dengan benar bakalan dihukum.

Selain itu, agensi hiburan akan bertanggung jawab untuk memimpin klub penggemar dengan benar.

Sistem bayar per voting pada program hiburan juga dilarang. Program hiburan mana pun nggak boleh mendorong penggemar untuk membelanjakan uang untuk produk yang berhubungan dengan idol.

Baca Juga: Jangan Ketahuan Manggil Pake Sebutan 'Oppa' di Korea Utara, Kamu Bisa Dipenjara

Analis menyatakan, China baru-baru ini mewaspadai budaya pop karena fandom yang muncul dinilai sebagai masalah sosial. Bahkan sering ditemukan, mereka saling berantem satu sama lain, berdebat dan mengkritik satu sama lain.

Selain itu, fandom ini menghabiskan banyak uang untuk program kompetisi idola untuk bintang favorit mereka.

Baru-baru ini, fans garis keras Zhao Liying dikabarkan menyerang Wang Yibo secara online setelah dirinya dikabarkan akan muncul dalam sebuah drama dengan Wang Yibo.

Hasilnya, pada 25 Agustus kemarin media sosial China Weibo menutup lebih dari 2.000 akun yang terlibat pada penyerangan tersebut. (*)

Baca Juga: Kim Jong-un: Ngefans K-pop Sangatlah Berbahaya, Kayak Kanker Ganas

Source : Global Times

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest