Follow Us

Nggak Nyangka Album Bintang Lima Bakal Jadi Album Tersukses, Ahmad Dhani: Yang Penting Dewa 19 Tetap Eksis

Hanif Pandu Setiawan - Sabtu, 28 Agustus 2021 | 18:00
Dewa 19
HAI

Dewa 19

HAI-Online.com – Pergantian arah musik terkadang menjadi senjata makan tuan bagi sebuah band.

Gimana nggak, di saat mereka udah sukses menggaet pendengar, pasti ada aja sebagian fans yang nggak suka dengan perubahan dalam sebuah band—meski banyak juga band yang membuktikan tetap bisa eksis setelah revolusi musik mereka.

Hal ini jugalah yang dialami Dewa 19 saat mengambil arah baru dalam gaya musik mereka, yang diwujudkan lewat album ‘Bintang Lima’.

Baca Juga: Hyun Bin Bocorin Rahasianya Tetep Glowing di Usia 30-an, Cowok Wajib Tau!

Ahmad Dhani sendiri mengakui ‘Bintang Lima’ yang dirilis di tahun 2000 ini benar-benar berbeda dari album-album Dewa 19 sebelumnya.

“Sebuah milestone, sebuah pembuktian apakah Dewa itu akan buyar setelah ganti vokalis atau tetep eksis,” ungkap Dhani, mengutip pernyataanya dalam channel YouTube Video Legend tahun 2020 lalu.

Ari Lasso sebagai vokalis utama, diungkapkan Dhani emang sebenarnya udah minta untuk cabut dari Dewa 19 sejak tahun 1995. Namun ngerasa belum siap ditinggalin, Dhani pun meminta Ari Lasso untuk tetap bertahan.

“Tapi itu cuma bertahan empat tahun. Akhirnya memang terpaksa kita harus menerima kenyataan bahwa Ari Lasso keluar dari Dewa 19,” kenangnya.

Baca Juga: Ahmad Dhani Ungkap Perbedaan Album Bintang Lima dengan Album Dewa 19 Lainnya, Ada Pengaruh Masuknya Once

Beban berat ditinggalin vokalis utamanya pun dikatakn Dhani dirasakan oleh semua personel Dewa 19 saat itu. Sampai pada akhirnya mereka menemukan Once pada 1999 dan menggarap album baru mereka dengan vokalis yang benar-benar baru.

Di luar dugaan, 'Bintang Lima' sukses meledak di pasaran dengan menjual 1,8 keping album yang bahkan mengungguli pencapaian tertinggi mereka sebelumnya lewat Pandawa Lima (900 ribu).

Album ini lantas menjadi album tersukses Dewa 19 sepanjang karier bermusik mereka.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest