Follow Us

Cukup Siti Nurbaya Jadi Lagu Dewa 19 yang Sulit Dinyanyiin, Ari Lasso: Take-nya Sampai 5 Jam

Ferry Budi Saputra - Selasa, 24 Agustus 2021 | 12:15
Dewa 19 formasi pertama
Dok. HAI

Dewa 19 formasi pertama

HAI-Online.com - Eks vokalis Dewa 19, Ari Lasso, seperti diketahui memiliki suara yang khas, bisa dilihat dari lagu-lagu Dewa 19 yang dibawakannya.

Baca Juga: Masih Loyal Sama Dewa 19 Sampai Sekarang, Andra: Ada Ikatan yang Kuat, Gue Sama Dhani Merasa Sangat Cocok Bermain Musik

Tapi, tau nggak sih ternyata album Terbaik Terbaik (1995) Dewa 19 menjadi album yang sulit dinyanyikannya. Banyak lagu-lagu yang populer dalam album itu salah satunya adalah Cukup Siti Nurbaya.

Ari Lasso mengatakan Cukup Siti Nurbaya menjadi lagu yang sulit dinyanyikannya di album Terbaik Terbaik. Selain itu, ada juga lagu Jalan Kita Masih Panjang yang juga sulit.

Dia mengungkapkan banyak nada-nada tinggi yang harus dicapainya untuk lagu tersebut. Sedangkan, saat rekaman lagu itu kondisinya lagi nggak fit. Tapi, Ahmad Dhani terus mencoba untuk mensupportnya agar bisa mencapai nada-nada tinggi tersebut.

"Gue kayak di ospek. Jadi akhirnya take-nya sangat panjang sampai 5 jam. Gue inget itu Cukup Siti Nurbaya, terus Jalan Kita Masih Panjang juga sangat lama take-nya," ujarnya dalam YouTube Video Legend.

Gara-gara dorongan dari Ahmad Dhani, akhirnya rekaman itu bisa selesai. Ari Lasso menganggap hasilnya saat itu cukup bagus.

Baca Juga: Ari Lasso Dipecat atau Mengundurkan Diri dari Dewa? Ahmad Dhani Ungkap Kebenarannya hingga Digantikan oleh Once

Penyanyi itu juga menyebut album Terbaik Terbaik sangat sulit dibanding Pandawa Lima (1997) dalam segi rekamannya.

Dia menganggap album Pandawa Lima lebih gampang dikarenakan notnya yang lebih rendah. Album Terbaik Terbaik memiliki not rata-rata tinggi semua. Bahkan, untuk lagu Satu Hati dia dipaksa harus teriak tinggi.

Selain itu, lagu Cinta Kan Membawamu Kembali menjadi salah satu lagu yang tercepat direkam untuk album Terbaik Terbaik. Menurutnya lagu itu nyaris one take, "Makanya panjang-panjangnya nggak ada yang sama, nggak terlalu on tempo," tuturnya.

Pada album Terbaik Terbaik ini Ahmad Dhani yang menjadi produser. Menurutnya, kalau di album ini keahlian dalam memproduseri rekaman jauh lebih matang setelah dirinya bergaul mengambil ilmu dari Kla Project.

Pantas saja jika lagu Siti Nurbaya menjadi salah satu lagu Dewa 19 yang hits hingga sekarang, prosesnya aja bikin Ari Lasso take vocal sampai 5 jam.

Baca Juga: Sebut Ahmad Dhani Sangat Penting di Hidupnya, Ari Lasso: Kalo Nggak Ketemu Dia Mungkin Beda Cerita Hidup Gue

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest