Follow Us

Komentari Video Bersihin Hidung pake NaCl, dr Faheem Younus: Tidak Akan Mengurangi Risiko Covid!

Hanif Pandu Setiawan - Sabtu, 24 Juli 2021 | 12:01
Ilustrasi larutan NaCl yang digunakan salah seorang warganet untuk membersihkan hidung agar terhindar dari Covid-19.
Wikimedia

Ilustrasi larutan NaCl yang digunakan salah seorang warganet untuk membersihkan hidung agar terhindar dari Covid-19.

HAI-Online.com – Warganet kembali dihebohkan oleh video penjelasan tentang cara terhindar dari Covid-19 dengan membersihkan hidung menggunakan larutan NaCl atau natrium klorida. Video itu pun menimbulkan kegelisahan para dokter, termasuk pakar kesehatan asal Amerika Serikat dr Faheem Younus.

Dalam video yang pertama kali diunggah ke TikTok tersebut, seorang cowok memperagakan cara membersihkan hidung menggunakan cairan NaCl 0,9 persen. Video beredar dan ramai di media sosial sejak Jumat (23/7/2021).

Faheem Younus lantas ikut membahasnya melalui cuitan di Twitter. Dokter ahli penyakit dalam dan menular dari Universitas Maryland Amerika Serikat tersebut mengomentari betapa cairan NaCl nggak bermanfaat dalam mencegah maupun menyembuhkan Covid-19.

"Ini tidak akan mengurangi risiko COVID Anda," cuitnya merespon video tersebut.

Baca Juga: Apa Syarat Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri Dinyatakan 'Sembuh'?

Bisa membahayakan

Sementara itu, dokter spesialis THT dari RS Eka Hospital BSD, Jakarta, dr Fikry Hamdan Yasin menegaskan bahayanya membersihkan hidung dengan cara seperti yang diperagakan dalam video.

Menurutnya, terapi cuci hidung nggak bisa sembarangan. Dari sisi bahan larutan, membersihkan hidung dengan harus dilakukan oleh ahlinya. Apalagi cairan NaCl 0,9 persen adalah bahan kimia khusus yang mesti digunakan secara hati-hati.

Mengutip laporan Kompas.com, Fikry menjelaskan, sebaiknya cairan NaCl 0,9 persen tersebut nggak diganti dengan bahan lainnya. Ia mencontohkan garam dapur, yang justru merusak mukosa hidung.

Penggunaan garam, kata dia, nggak dibenarkan karena konsentrasinya nggak tepat. "Ini bisa menyebabkan mukosa atau lapisan hidung menjadi rusak atau iritasi,” ujar Fikry.

Fikry menjelaskan bahwa bakteri atau flora normal yang ada di hidung, tenggorokan atau mulut bisa ikut musnah jika melakukan cuci hidung menggunakan garam.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest