Follow Us

Manakah yang Lebih Baik, Minum Teh atau Kopi? Inilah Penjelasannya

Ferry Budi Saputra - Senin, 19 Juli 2021 | 19:15
Kopi dan Teh
piqsels

Kopi dan Teh

HAI-Online.com - Kopi dan teh merupakan minuman yang banyak disukai anak muda. Baik kopi maupun teh, keduanya sama-sama memiliki manfaat bagi kesehatan.

Baca Juga: Benarkah Penggunaan Gadget Bikin Jam Tidur Terganggu? Ini Penjelasannya

Nah, bagi kalian yang penasaran manakah yang lebih sehat, teh atau kopi? Berikut ada perbandingan antara kopi dan teh yang dilansir dari Kompas Health.

Teh

Perlu kalian ketahui teh memiliki kandungan antioksidan yang kaya akan manfaat kesehatan. Kandungan ini juga berguna melawan peradangan dan mencegah pengerasan pembuluh darah. Itu sebabnya, konsumsi teh dapat meminimalisir risiko stroke dan penyakit jantung.

Riset yang dipublikasikan oleh laman Kompas Health juga membuktikan, konsumsi teh pada orang berusia lanjut, minimal lebih dari dua cangkir seminggu, memiliki risiko penurunan memori terkait usia yang lebih rendah.

Orang yang rutin minum teh juga memiliki kepadatan tulang yang lebih tinggi dan tingkat pengeroposan tulang yang lebih lambat. Tetapi ada hal yang juga harus kalian perhatikan nih, teh mengandung tanin yang mengganggu penerapan zat besi.

Riset pernah membuktikan, konsumsi teh bisa menurunkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi hingga 62 persen.

Sedangkan konsumsi kopi hanya menurunkan penyerapan zat besi sebesar 35 persen. Untuk mencegah hal tersebut kalian bisa memperbanyak konsumsi makanan nabati yang banyak mengandung vitamin C.

Jenis makanan tersebut membantu meningkatkan penyerapan zat besi hingga 85 persen. Contoh makanan nabati kaya kandungan vitamin C antara lain brokoli, kiwi dan stroberi.

Baca Juga: 6 Obat Alami yang Bisa Bantu Atasi Susah Tidur di Malam Hari

Kopi

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest