Follow Us

Tentang Lagu IPS Dewa 19 yang Berdurasi Satu Menit Lebih, Andra: Main Asal-asalan tapi Jadi Lagu Itu

Ferry Budi Saputra - Rabu, 07 Juli 2021 | 13:10
Andra Ramadhan
YouTube/ Andra Ramadhan

Andra Ramadhan

HAI-Online.com - Andra menceritakan tentang lagu IPS yang terdapat dalam album Terbaik Terbaik (1995) Dewa 19. Meski memiliki durasi 1 menit lebih, lagu tersebut tetap dimasukkan dalam album Terbaik Terbaik.

Baca Juga: Cewek Ini yang Pertama Kali Diberi Ahmad Dhani Rekaman Lagu Kangen, Sosoknya Menginspirasi Lagu-lagu Dewa 19?

Berbicara dalam channel Youtube Video Legend pada Mei 2021, Andra mengungkapkan kalau IPS merupakan inisial nama pacarnya saat itu yang kini menjadi istrinya, Ismulia Permata Sari.

Dia juga menjelaskan kalau lagu itu dibuat saat di rumah Erwin, "Emang bikinnya tuh di rumah almarhum Erwin. Waktu aku main sama pacarku saat itu Lia. Main ke rumahnya Erwin, terus ada gitar, terus aku main ngawur-ngawur gitu, asal-asalan tapi jadi lagu itu," ucapnya.

Andra mengungkapkan kalau Ahmad Dhani yang menyuruh kalau lagu itu dimasukkan saja ke album Terbaik Terbaik.

"Kalo nggak salah Dhani bilang, 'Itu masukin aja ke album', loh tapi aku bilang lagu ini cuma sebentar sampai 1 menit lebih paling ya, 2 menitan lah. Nggak apa-apa, bilangnya gitu. Yaudah akhirnya dia masukin ke album itu," ungkapnya.

Dia melanjutkan, "Jadi orang kayak, dengerin intro buat lagu Cukup Siti Nurbaya," tambahnya.

Baca Juga: Virus Corona Varian Eta, Ditemukan Bukan di Sunda Melainkan di Jakarta

Baca Juga: Bahas Orang yang Mendengarkan Lagu Dewa 19 tapi Benci Dirinya, Ahmad Dhani: Itu Terbantahkan ketika Mereka Mendengarkan Karya Saya

Selain itu mengenai album Terbaik Terbaik, Andra mengatakan kalau selera Dewa 19 berubah di album tersebut.

"Di album Terbaik Terbaik itu transisi. Selera kita yang lama dari album pertama dan kedua ke album Terbaik Terbaik itu berubah," tuturnya.

"Dari album pertama itu ke Toto Toto-an. Album kedua itu glam rock, album ketiga Terbaik Terbaik itu alternatif," tambahnya.

Diketahui dalam album Pandawa Lima, selera Dewa 19 yang sebelumnya dari album 1 hingga 3 itu hilang. Murni selera baru di album tersebut. Pada Pandawa Lima, Aksan Sjuman mengisi posisi drummer di Dewa 19. (*)

Baca Juga: Ketika Ahmad Dhani Ambil Alih Jabatan Manajer Dewa 19: Personel Dewa Anak Mami Semua Kecuali Gue

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest