Follow Us

Ahmad Dhani Ceritakan Keterkaitan Budaya Jawa Terhadap Dewa 19

Ferry Budi Saputra - Senin, 21 Juni 2021 | 10:28
Ahmad Dhani

Ahmad Dhani

HAI-Online.com - Musisi Ahmad Dhani menceritakan keterkaitan budaya Jawa dengan Dewa 19, yang diketahui ada beberapa lagu mengandung unsur budaya Jawa.

Baca Juga: Bahas Pengaruh The Beatles di Dewa 19, Ahmad Dhani: Musiknya Nggak Banyak, Tapi Kalau Dibilang John Lennon-nya Indonesia Ya Gue

Berbicara kepada GeronimoFM Yogyakarya yang diunggah dalam channel Youtube-nya Video Legend, pada Jumat (18/6/2021), Ahmad Dhani menjelaskan pengaruh budaya Jawa terhadap Dewa 19.

Mengenai keterkaitan Dewa 19 dengan budaya Jawa, Ahmad Dhani menyebutkan pemikiran tentang budaya Jawa sudah muncul sejak dia muda.

"Dulu saya umur 20-an itu, nggak tau kenapa, saya merasa kita harus menjadikan Jawa itu sebagai tempat, filsafat, falsafah atau sebagai sesuatu yang perlu digali," ungkapnya.

Dia menambahkan salah satu bukti budaya Jawa melekat dengan Dewa 19 termasuk dirinya yaitu adanya salah satu video klip yang menampilkan pakaian Jawa.

"Makanya saya punya video klip pakai baju Jawa tahun 98, umur saya 26 tahun waktu itu. Jadi, ketika sekarang orang banyak berbicara tentang budaya nasional, ya Dewa 19 dan saya tahun 90-an sudah melakukan itu," ujar Ahmad Dhani.

Musisi kelahiran 1972 itu juga menerangkan, agak sulit jika menganggap dirinya dan Dewa 19 itu dianggap meninggalkan budaya Jawa, "Dari awal kita udah duluan gitu, udah ada jejaknya lah (rekam jejak digital)," ucapnya.

Baca Juga: Banyak Lagu Dewa 19 yang Terkenal, Ahmad Dhani: Disangka Gue yang Bikin Lagunya, Padahal Bukan

Ahmad Dhani juga nggak menutup kemungkinan untuk berkolaborasi dengan Sudjiwo Tejo, "Iya, kepikiran saya. Keren," ujarnya.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama, Ahmad Dhani juga menjelaskan pengaruh The Beatles terhadap Dewa 19.

Dia menyebut pengaruh The Beatles baru ada pada tahun 2000-an ke atas, "Terutama di album Cintailah Cinta, sebelumnya nggak ada," ungkapnya.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular