Follow Us

Bahas Pengaruh The Beatles di Dewa 19, Ahmad Dhani: Musiknya Nggak Banyak, Tapi Kalau Dibilang John Lennon-nya Indonesia Ya Gue

Ferry Budi Saputra - Minggu, 20 Juni 2021 | 14:00
Ahmad Dhani
HAI/Fariz

Ahmad Dhani

HAI-Online.com - Musisi Ahmad Dhani mengungkapkan pengaruh The Beatles dalam musik Dewa 19. Dia juga menjelaskan album mana yang ada pengaruh musik band legendaris tersebut.

Baca Juga: Jadi Vokalis Dewa 19, Virzha Ungkap Lagu Mana yang Paling Mudah Dinyanyikan, Era Ari Lasso atau Once Mekel?

Berbicara kepada GeronimoFM Yogyakarya dan diunggah juga dalam channel Youtube-nya Video Legend, pada Jumat (18/6/2021), Ahmad Dhani menjelaskan pengaruh The Beatles terhadap Dewa 19.

Dia menyebut pengaruh The Beatles baru ada pada tahun 2000-an ke atas, "Terutama di album Cintailah Cinta (2002), sebelumnya nggak ada," ungkapnya.

Ahmad Dhani mengatakan dirinya nggak suka The Beatles dulunya, alasannya karena lebih dulu suka Queen. "Setelah ngulik Beatles, akhirnya ada pengaruh Beatles dari situ," ucapnya.

Musisi kelahiran 1972 itu juga menerangkan kalau di Dewa 19 pengaruh The Beatles itu nggak banyak, termasuk dalam lagu-lagunya.

Meski sangat menyukai Queen, Ahmad Dhani juga menjelaskan kalau porsi band legendaris itu juga tidak banyak di Dewa 19.

Baca Juga: Banyak Lagu Dewa 19 yang Terkenal, Ahmad Dhani: Disangka Gue yang Bikin Lagunya, Padahal Bukan

"Ada beberapa lagu yang kayak kita sengaja Queen gitu aransemennya, tapi ya nggak banyak, mungkin cuma 2 atau 3 lagu aja. Apalagi The Beatles gitu," ujarnya.

Tetapi bukan cuma musiknya yang ada pengaruh dalam Dewa 19, menurut Ahmad Dhani semangat The Beatles juga sangat berpengaruh.

"Kayak misalnya John Lennon itu salah satu musisi idola saya dalam bersikap. Mungkin dalam membuat lirik, cuma itu nggak bisa keliatan memang," pungkasnya.

Selain itu, Ahmad Dhani juga manambahkan komentar mengenai The Beatles, "Meskipun Dewa musiknya nggak banyak terlalu terpengaruh The Beatles, tapi kalau dibilang John Lennon-nya Indonesia ya Ahmad Dhani lah, siapa lagi?," ucapnya sembari tertawa.

Dalam kesempatan yang sama, Ahmad Dhani mengungkapkan beberapa persiapan jelang peringatan 30 tahun berkarya Dewa 19 pada 2022. Salah satunya merekam ulang lagu-lagu band tersebut dan bakal menampilkan lagu ciptaan 1994 yang belum pernah dirilis.

Baca Juga: Jelang Perayaan 30 Tahun Dewa 19 Berkarya pada 2022, Ahmad Dhani Ungkap Beberapa Persiapan Termasuk Rilis Lagu Baru Ciptaan 1994

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest