Follow Us

Metallica Ngaku Nulis Lebih dari 10 Lagu Selama Pandemi COVID - 19

Mohammad Farras Fauzi - Selasa, 11 Mei 2021 | 16:00
Metallica
Loudwire

Metallica

HAI-ONLINE.COM - Selama pandemi COVID -19 berlangsung, banyak musisi yang menjadi semakin produktif dan lebih mengeksplorasi penulisan lagu mereka di tengah karantina.

Metallica ternyata juga melakukan hal yang sama. Diungkapkan oleh vokalis James Hetfield dalam sebuah wawancara dengan podcast The Fierce Life, Hetfield bercerita jika dirinya bersama personel Metallica lain berhasil setidaknya menulis sebanyak 10 lagu.

Baca Juga: Bowling For Soup Rilis Single 'Getting Old Sucks (But Everybody’s Doing It)'

Isolasi dan karantina terbukti menjadi titik balik bagi mereka meskipun para legenda metal ini menggodok materi secara terpisah dan melakukannya secara virtual via Zoom.

Melalui podcast garapan dari produsen senjata Fierce Firearms ini, Hetfield menjelaskan, “Karena COVID, kami hanya duduk di rumah, menjadi sedikit gelisah dan merasa kreatif pada saat yang bersamaan. Melalui keinginan kuat untuk berkumpul bersama, gue mulai melakukan Zoom mingguan dengan orang-orang itu (para personel Metallica), sekadar hanya untuk bertukar kabar."

“Di satu waktu, gue memberi tahu mereka satu kali, 'Listen, gue akan mulai menulis sesuatu. Gue akan coba memainkan sesuatu dan mengirimkannya kepada kalian. Kalian bebas untuk melakukan apa pun di materi tersebut dan melihat apa yang terjadi setelahnya."

"Jadi itulah cara kami membuat 'Blackened' versi 2020 kemarin. Pada dasarnya gue hanya memberikan materi yang mereka belum pernah mendengarnya sebelumnya, lalu setelahnya mereka mengulik materi tersebut lebih dalam ” [dikutip melalui Metal Hammer].

“Kami mulai bereksperimen dengan menulis di Zoom. Lars [Ulrich] dan gue akan berjumpa, atau bisa juga dimulai oleh Kirk [Hammett] dan Lars, lalu setelahnya kami mendapat sedikit waktu di untuk mengulik keseluruhan materinya."

"Meskipun ini sedikit sulit karena ada delay ketika kami bertemu secara virtual. JAdi kami nggak akan pernah bisa benar-benar main bareng. Mengakali hal tersebut, kami akan bermain dengan click track untuk menyaksikan satu sama lain bermain sehingga bisa menyinkronkan materinya.”

Hetfield melanjutkan, “Kami juga tentu kerja bareng produser kami, yang menjalankan komputer gue saat sedang mengulik materi. Dia menjalankan komputer gue dari LA, dan gue tinggal di Vail [Colorado].

Baca Juga: Victoria Beckham Sebut Spice Girls Pernah Menginspirasi Beyonc

“Lars juga memiliki asisten yang menjalankan komputernya dari LA - dia ada di San Francisco - dan kami bermain bersama, dan itu sangat aneh. Kami mulai menulis dan mungkin mendapatkan sekitar lebih dari 10 lagu melalui pertemuan seperti itu. Nggak banyak memang yang dapat dilakukan via Zoom. Toh, akhirnya pun kami berkumpul setelahnya."

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest