Follow Us

Emosional Eating Saat Stres Bikin Pola Makan Jadi Buruk, Ini 5 Tips Mengatasinya!

Al Sobry - Senin, 28 September 2020 | 16:26
Emosional Eating Saat Stres Bikin Pola Makan Jadi Buruk, Ini 5 Tips Mengatasinya!
Shutterstock

Emosional Eating Saat Stres Bikin Pola Makan Jadi Buruk, Ini 5 Tips Mengatasinya!

HAI-Online.com – Pernahkah kamu merasa stres dan akhirnya makan sembarangan? Mungkin kamu sedang alami emotional eating dimana kebiasaan makanmu jadi berubah ke arah yang buruk.

Apalagi saat ini semakin banyak orang merasa stres akibat menghadapi proses adaptasi dalam menjalankan tatanan kehidupan baru selama pandemi.

Seluruh anggota keluarga berada di rumah sepanjang hari, jadwal kerja dan sekolah yang berubah dan dipenuhi hal baru serta rutinitas harian lainnya itu dapat meningkatkan rasa cemas yang bisa bikin stres datang.

Baca Juga: Tips Tarik Ulur Buat Kamu yang Baru Jadian Sama Dia, Biar Nggak Cepet Putus!

Nah, stres juga ternyata bisa membuat kita menjauhi kebiasaan makan yang sehat dan akhirnya berdampak kurang baik pada tubuh.

Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife Nutrition, Susan Bowerman mengatakan respon alami tubuh terhadap stres membuat kita lebih “aktif” dan waspada. Tetapi ketika respon terhadap stres ini kita aktifkan secara terus menerus, hal tersebut dapat membebani kekebalan tubuh, sehingga lebih sulit baginya untuk menangkal penyakit.

Dan karena sistem kekebalan tubuh yang baik bergantung pada pola makan kaya nutrisi, maka menjamin terpenuhinya kecukupan nutrisi tubuh menjadi salah satu pertahanan terbaik dalam melawan penyakit, terutama menghadapi masa-masa ketidakpastian seperti saat ini.

“Memang hal itu lebih mudah untuk diucapkan dibanding dilakukan. Karena stres juga dapat menyebabkan kelelahan dan depresi. Jika demikian pelarian yang mudah adalah dengan makan," terangnya.

Menurutnya, stres membuat orang memikirkan untuk mengganti pola makan yang cepat dan nyaman.

"Seringkali sarat dengan lemak, garam dan gula. Dan jika kamu beralih ke kafein untuk menangkal kelelahan, itu juga bisa menjadi bumerang, dengan mengganggu tidur kamu,” tambah Susan lagi.

Baca Juga: Pernah Ngerasain Haus Terus Menerus? Simak 9 Penyebab Kenapa Dahaga Nggak Kunjung Hilang

Padahal perlu diketajui, jika makanan yang sering kamu konsumsi iru mengangdung kalori tinggi, hal tersebut dapat menstimulasi pelepasan zat kimia tertentu di otak yang membuat kita merasa lebih baik. Setidaknya itu terjadi untuk jangka pendek dan membuat kita ingin makan terus.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest