Follow Us

Instagram Luncurin Aplikasi Chat Baru Berbasis Foto Bernama 'Threads'

Ricky Nugraha - Jumat, 04 Oktober 2019 | 13:00
Aplikasi pesan baru dari Instagram yang bernama Threads
Instagram

Aplikasi pesan baru dari Instagram yang bernama Threads

HAI-online.com - Instagram luncurkan aplikasi standalone baru bernama 'Threads' yang disebut sebagai "camera first messaging app" alias aplikasi pesan instan berbasis foto dan video.

Threads mirip dengan Instagram Stories yang dipisah dan dimodifikasi, di mana foto dan video memang menjadi komponen utama aplikasi ini.

Pengguna bisa langsung mengambil foto atau video setelah membuka aplikasi Threads. Namun untuk sementara, belum dilengkapi dengan filter seperti di Instagram Stories.

Selain foto dan video, prinsip dasar aplikasi ini adalah "close friend" atau daftar teman dekat yang didaftarkan pengguna di Instagram Stories.

Baca Juga: WhatsApp Bakal Punya Fitur Pesan Rahasia yang Bisa Kehapus Sendiri

Aplikasi Threads di Instagram
Instagram

Aplikasi Threads di Instagram

Nggak cuma foto dan video, pengguna juga bisa membagikan status berupa teks dan emoji, memilih status yang disarankan, atau mengaktifkan "Auto Status" yang secara otomatis akan membagikan lokasi dan aktivitas pengguna saat itu.

Lokasi yang dimaksud bukanlah lokasi pasti berupa titik koordinat, melainkan lokasi umum, misalnya "sedang berada di rumah", "dalam perjalanan", "di pantai", dan sebagainya.

Instagram mencontohkan, Threads bisa saja mendeteksi pengguna sedang bersepeda dan secara otomatis akan menampilkan status "dalam perjalanan".

Instagram paham bahwa cara ini akan menimbulkan kontroversi. Maka dari itu pengguna nantinya akan dimintai serangkaian persetujuan akses, sebelum mengaktifkan "auto status".

Baca Juga: WhatsApp Bakal Nggak Bisa Dipakai Lagi di Smartphone dengan Sistem Operasi Berikut

Fitur Auto Status di aplikasi Threads
Instagram

Fitur Auto Status di aplikasi Threads

Seperti aplikasi induknya, Threads juga memiliki "direct message". Namun, cuma teman terdekat aja yang bisa mengirim pesan ke pengguna.

Aplikasi Threads dari Instagram ini sudah mulai diluncurkan secara global. Buat yang mau coba bisa dicek di toko aplikasi masing-masing, kalau belum berarti harus tunggu dulu, sob.

Source : Kompas.com, The Verge

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest