Follow Us

Para Musisi Baru, Daftarin Karyamu di Evoria.id Bisa Dapat Mentoring dan Kesempatan Tampil di Showcase!

Theniarti Ailin - Jumat, 11 November 2022 | 13:41
Press conference Evoria.id yang diadakan di Urban Forest, Cipete.

Press conference Evoria.id yang diadakan di Urban Forest, Cipete.

HAI-Online.com - Masalah yang kerap dihadapi musisi baru, di luar kreativitas dalam membuat lagu, adalah ilmu soal bisnis, distribusi, dan produksinya.

Untuk itu, M Bloc Entertainment bersama Mbloc Experience dan Alive Indonesia menggagas sebuah platform bernama Evoria.id untuk memberdayakan musisi baru agar berkembang menjadi profesional.

"Dibuatnya platform ini sebenarnya berangkat dari sebuah keresahan banyaknya musisi yang mulai nggak yakin dengan karyanya sendiri imbas pandemi," ungkap Edric Chandra, selaku pihak yang mendukung Evoria.id dalam Press Conference Evoria di Urban Forest, Cipete, Jakarta Selatan (10/11).

Tentunya, program inkubasi Evoria tidak hanya dibuka untuk musisi asal Jakarta saja, tetapi dari seluruh Indonesia. Bukan hanya untuk genre tertentu saja, tapi seluruh genre.

Baca Juga: Kebanyakan Musisi Baru Mainin Lagu Slow, Ahmad Dhani: Kita Butuh Tokoh Musik Rock biar Nggak Sekarat!

"Kita mau membuka kesempatan seluas luasnya untuk berbagai macam genre musik, silahkan didaftarkan di evoria.id nanti di situ akan dilakukan proses kurasi. Dari live performance, biography, visi mereka sebagai musisi dan ini hanya untuk mereka yang menjadikan musik sebagai profesi," papar Wendi Putranto, co-founder M Bloc Group sekaligus manager dari Seringai.

Pendaftarannya sudah dibuka sejak 10 November dan ditutup pada 11 Desember lewat website evoria.id atau bisa via aplikasi M Bloc Experience. Nantinya, akan dipilih 10 musisi pemdatang baru yang berhak mendapatkan mentor langsung dari ahlinya.

Beberapa workshop-nya antara lain adalah tentang menulis lagu, memproduksi lagu, manajemen artis, distribusi musik secara digital, IP & hak cipta, live music performance, touring, sampai performing rights organizations.

Baca Juga: Punya Label Rekaman Sendiri, Travis Barker: Gue Seneng Banyak Musisi Pop Punk!

Salah satu pengisi workshop song-writing, Endah Widiastuti mengatakan bahwa banyak hal yang harus diperhatikan ketika seorang musisi membuat sebuah lagu.

"Di luar kreativitas, kita harus bisa memproteksi lagu yang kita buat agar tak kena problem hak cipta dan sebagainya. Bagaimana menghadapi writers block saat kita udah nggaj tau mau nulis apa lagi, itu semua ada solusinya," papar Endah.

Namun demikian, salah satu kunci yang paling penting untuk bisa menjadi musisi adalah mental yang terbiasa "susah" dan mau berproses. Menurut founder dari SRM, Satria Ramadhan, awal dari segala karya yang hebat adalah ketika pembuatnya mengerti kalau segala sesuatu tidak ada yang instan.

"U2 sebelum manggung di stadion ya cuma tampil di-bar-bar kecil," paparnya.

Jadi, tertarik buat daftarin band lo ke program Inkubasi Evoria?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest