Follow Us

Jurus Menagih Hutang ke Si Hobi Ngutang

Ega Hai - Selasa, 10 Juni 2014 | 09:53
Jurus Menagih Hutang ke Si Hobi Ngutang
Ega Hai

Jurus Menagih Hutang ke Si Hobi Ngutang

"Mahluk-mahluk" yang hobi ngutang memang bertebaran di mana-mana. Agak membingungkan sih, soalnya, kalau diperhatikan sebenarnya dia nggak miskin kok. Sekedar hidup pas-pasan pun nggak. Jadi, kondisi keuangannya nggak mungkin sesekarat itu.

Malah kalau mau iseng, coba saja ambil paksa dompetnya. Diselipan dompet pasti ada duit, kalau nggak duit di ATM masa nggak ada uang sama sekali.Satu lagi masalahnya, selain hobi ngutang , biasanya nih mahluk ini juga hobi nggak bayar hutang. Bisa sampai berbulan-bulan, nggak ada tanda-tanda ngelunasin hutangnya. Bahkan setelah disindir atau ditagih blak-blakan.

Bikin kesel? Jelas. Bikin dilema? iya banget. Gimana nggak dilema kalau si hobi ngutang ini statusnya teman kita atau malah sahabat sendiri?Tapi ya namanya hutang harus dibayar dong. Simak nih, tips menagih hutang ke si hobi ngutang!

1. Tagih baik-baikProsedur awal menagih utang nih! Sebutkan dengan rinci berapa jumlah hutangnya dan kapan dia ngutang. Ini penting buat mereka yang ngutang tapi suka lupa.

2. SindiranBisa dilakukan sendiri, tapi seringnya nggak mempang. Jadi, akan lebih baik kalau sindiran ini dilakukan secara "berjamaah".Ajak teman sependeritaan untuk menyindirnya. Atau, minta bantuan teman-teman satu geng buat ikut menyindirnyapas nongkrong bareng. Mudah-mudahan sih dia masih punya sedikit rasa malu.

3. Bargaining positionKalau dia mau pinjem duit lagi, kita harus berani bilang, "Bayar dulu hutang lo yang kemarin, baru gue kasih hutangan lagi!" Dengan begitu dia akan berusaha keras untuk membayar hutang kamu dulu.Nanti kalau sudah bayar hutang yang dulu terus mau ngutang lagi, itu sih tergantung kebijakan masing-masing. Mau ngasih atau nggak, atau mau ngasih seperempat dari yang dia minta!

4. TerorIni cara yang paling ekstrim, sih. Makanya khusus buat yang benar-benar urat malunya udah putus saja.Tagih terus hutangnya lewat telepon, BBM, WA, email, bahkan bisa juga di media sosial. Biar orang tahu! Hehehe....Nggak cuma berhenti di situ, kalau masih belum kelihatan ada itikad baik, boleh juga tuh langsung datang ke rumahnya dan temuin nyokapnya. Bilang perihal hutangnya dan minta nyokapnya untuk melunasinya.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest