Follow Us

Orang Kidal Itu Keren

Dok Grid - Jumat, 23 Mei 2014 | 09:10
Orang Kidal Itu Keren
Hai Online

Orang Kidal Itu Keren

Apa persamaan Paul McCartney, Angelina Jolie, dan Presiden Obama? Mereka semua kidal. Menurut The Left-Handers Club, organisasi kidal di Amerika yang udah terbentuk sejak 1990, populasi orang kidal di dunia emang nggak nyampe 10 persen. Tapi, nggak ada satupun dari mereka yang menganggap kidal adalah sebuah kelainan, apalagi kekurangan. Kenapa?

Nih, supaya lebih tau dan nggak salah kaprah, Hai jembrengin semua yang perlu lo tau tentang si kidal.

Sampe saat ini, nggak ada satupun dokter atau ilmuwan yang tahu pasti apa penyebab kidal. Ada beberapa teori yang mencetuskan alasan kenapa seseorang bisa kidal, tapi kebenarannya belum teruji secara pasti.

Menurut Fabiola Priscilla Setiawan, M.Psi., psikolog anak dan remaja, kidal terjadi kalo otak kanan seseorang lebih dominan dibanding otak kirinya.

"Otak kanan itu mengatur bagian tubuh sebelah kiri, sedangkan otak kiri mengatur tubuh sebelah kanan. Orang yang lebih nyaman menggunakan tubuh sebelah kiri, termasuk tangan kiri, berarti otak kanannya yang lebih dominan," Mbak Febi menjelaskan.

Apa penyebabnya? Bisa jadi karena faktor lingkungan, kalo seorang anak emang dibiasakan pake tangan kiri dari kecil, atau bisa juga karena faktor genetis.

"Kalo di satu keluarga ada yang kidal, kemungkinan ada anggota keluarga lain yang akan kidal juga. Misalnya anaknya, atau keponakannya," ujar psikolog yang juga kidal ini.

Ibu yang melewati proses melahirkan yang sulit, dan yang terlalu sering melakukan USG saat sedang hamil, juga disebut-sebut sebagai hal yang menyebabkan kidal. Persalinan yang sulit menyebabkan bayi kekurangan oksigen di otak.

"Terlalu sering USG juga dicurigai bisa menimbulkan perubahan di otak janin. Akibatnya, bayi yang dilahirkan jadi kidal," bilang Mbak Febi.

Gara-gara didominasi otak kanan, orang kidal jadi jauh lebih kreatif dibanding orang-orang yang biasa menggunakan tangan kanan. Otak kiri fungsinya mengatur hal-hal yang berhubungan dengan logika, sedangkan otak kanan mengatur hal-hal yang abstrak kayak seni, bahasa, musik, dan emosi.

"Itulah sebabnya, orang-orang yang kidal biasanya jago gambar. Jadi, nggak heran kalo banyak musisi, pelukis, aktor, dan seniman yang bertangan kidal," kata psikolog yang berpraktek di Lembaga Psikologi Terapan UI ini.

Akibat otak kanan lebih dominan, anak-anak yang kidal juga biasanya punya daya khayal dan imajinasi yang tinggi, yang bikin mereka jadi lebih kreatif dibanding anak-anak bertangan kanan.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular