Follow Us

Usaha Biar Selamat dari Kecelakaan Pesawat

- Selasa, 30 Desember 2014 | 11:49
Usaha Biar Selamat dari Kecelakaan Pesawat
Hai Online

Usaha Biar Selamat dari Kecelakaan Pesawat

Kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501 masih dalam proses pencarian, namun penerbangan di udara masih terus berlangsung sebagai salah satu alat transportasi yang memudahkan manusia berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain.

Sebagai pengguna jasa penerbangan, nggak ada salahnya kita mengisi wawasan dan mencari tahu bagaimana cara biar selamat dalam suatu kecelakaan di dalam pesawat. Meski terdesak dan sempit, setidaknya kita sudah siaga untk melakukan beberapa hal ini, pertama dalam upaya menyelamatkan diri sendiri, kemudian jika tersedia waktu selamatkan yang lain.

Untuk itu perhatian beberapa cara yang disarankan ini :

1. Dengar Baik-baik Arahan Pramugari Sebelum terbang, pramugari atau video akan memberikan petunjuk keselamatan penerbangan. Perhatikan dengan baik. Tidak mengobrol atau menganggap remeh sebab bisa saja ada informasi baru dari alat-alat yang diperagakan. Jika sempat, selain mendengar petunjuk, kenapa tidak melihat lagi buku/kartu petunjuk keselamatan penerbangan yang ada di kursi penumpang di depan.

2. Hitung Posisi Pintu Darurat Ingat-ingat, dimana pintu darurat terdekat berada dari posisi kita duduk. Hitung ada berapa baris bangku menuju pintu darurat tersebut. Cari juga pintu darurat lainnya. Sebab dalam proses evakuasi sesungguhnya, Kita harus berpikir cepat. Bisa saja, ketika nanti pintu darurat satu macet, kita sudah tahu letak pintu darurat di sisi lain pesawat.

3. Praktik Benturan

Yap, cobalah memposisikan benturan dalam praktik sederhana. Jangan hanya melihat-lihat gambar di kartu petunjuk keselamatan. Sesekali kita boleh meragakan posisi benturan yang ada pada gambar. Kalau-kalau benar kecelakaan, kita nggak ada waktu lagi untuk melihat cara menggunakan alat sesuai petunjuk kartu keselamatan. Cek atau raba juga, beberapa alat kecelakaan yang disediakan pesawat. Baca: 5 Alat Keselamatan yang Bisa Digunakan pada Kecelakaan Pesawat

4. Tinggalkan Barang Berharga

Menurut data dari NTSB (National Transportation Safety Board), 68% korban kecelakaan pesawat meninggal karena menyelamatkan barang bawaan mereka. Saat pesawat sudah jatuh dan mereka sudah selamat, banyak dari penumpang yang memaksa masuk ke dalam untuk menyelamatkan barang bawaan mereka. Duh, itu salah besar.

Yang baiknya disimpan adalah bukan barang-barang besar di kabin pesawat, melainkan kita cuma perlu memastikan barang terpenting ada di dompet kita bahkan sebelum terbang, yaitu berupa KTP, uang tunai, kartu kredit dan kartu identitas penting lainnya. Dokumen lain seperti paspor ada di kantung traveling atau travel pouch yang biasa dibelit di badan. Sisanya, tinggalkan saat evakuasi pesawat! Meskipun itu laptop berisi dokumen penting atau barang mahal lainnya, Selamatkan diri bukan harta.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest