Follow Us

Nadiem Makarim Resmi Hapus Tes Mata Pelajaran di Jalur SBMPTN, Bakal Diganti Jadi Tes Ini

Tanya Audriatika - Kamis, 08 September 2022 | 11:44
Nadiem Makarim umumkan secara resmi meniadakan  SBMPTN berdasarkan tes mata pelajaran.
KOMPAS

Nadiem Makarim umumkan secara resmi meniadakan SBMPTN berdasarkan tes mata pelajaran.

HAI-Online.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim umumkan secara resmi meniadakan tes mata pelajaran untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) jalur SBMPTN.

“Siswa atau calon mahasiswa, nggak akan lagi tes mata pelajaran saat seleksi SBMPTN,” ucap Nadiem saat live streaming konferensi pers “Merdeka Belajar episode ke-22: Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri” pada Rabu (7/9/2022).

Nadiem berharap, informasi ini bisa menjadi kabar gembira para calon mahasiswa yang ingin tes lewat jalur SBMPTN di tahun mendatang.

Nadiem menyebut, kini jalur SBMPTN hanya ada tes skolastik yang mengukur melalui 4 hal yang berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran dan pemecahan masalah dan nggak ada hubungannya dengan penghafalan materi.

Melansir Kompas.com, keempat hal tersebut meliputi:

  1. Kemampuan potensi kognitif atau logika
  2. Penalaran Matematika
  3. Literasi dalam Bahasa Indonesia
  4. Literasi dalam Bahasa Inggris
Soal tes literasi, Nadiem menyebut, tes ini dilakukan nggak hanya berfokus pada kemampuan gramatika, tetapi literasi secara mendalam juga.

Baca Juga: Simak NIh, 3 Perbedaan Antara AN dan UN, Lo Udah Paham Belum?

Selain itu, dapat menganalisa terkait apa yang dimaksud di dalam bacaan tersebut.

“Benar-benar literasi mendalam, bukan yang mengetes bahasa secara cetek. Tetapi logika dan pengertian seluruh bacaan,” ungkap Nadiem.

Maka dari itu, skema seleksi ini bakal jauh lebih adil dan memberikan kesempatan sukses bagi semua calon mahasiswa yang ikut jalur SBMPTN.

Nadiem mengaku, ketika pelaksanaan SBMPTN nggak lagi menggunakan tes mata pelajaran, maka nggak ada lagi bergantung pada lembaga bimbingan pelajaran (bimbel) untuk persiapan tes SBMPTN.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest