Follow Us

Kasus Pencurian Mariana Vs Pegawai Alfamart Diduga Kleptomania, Begini Penjelasan Pakar Unair

Tanya Audriatika - Sabtu, 20 Agustus 2022 | 13:00
Kasus Dugaan Pencurian Cokelat di Alfamart Tangerang diduga karena kleptomania.
Kompas.com

Kasus Dugaan Pencurian Cokelat di Alfamart Tangerang diduga karena kleptomania.

HAI-Online.com - Dosen Departemen Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental Fakultas Psikologi Universitas Airlangga (Unair), Margaretha SPsi PGDipPsych MSc, sebut kasus pencurian antara Mariana dengan pegawai Alfamart diduga karena kleptomania.

Bicara soal kleptomania, Margaretha menjelaskan gangguannya mulai dari penyebab, gejala, cara mengobati , sampai pencegahannya.

Baca Juga: Mampu Beli tapi Pilih Mencuri, Ini Lho 4 Ciri-ciri Orang yang Idap Kleptomania

“Menurut data statistik Buku Panduan Penegakan Diagnosa oleh American Psychiatric Association pada 2013, kleptomania itu ada sekitar 0,3-0,6 dari populasi manusia dan sekitar 5 persen pencurian itu dilakukan oleh orang yang memiliki kleptomania,” terang Margaretha dikutip dari laman Unair, Sabtu (20/8/2022).

Sehingga, menurut Margaretha, untuk tahu Mariana sebagai pengidap gangguan kleptomania atau bukan, perlu penelusuran lebih lanjut untuk mengetahui niatnya dalam mencuri coklat di Alfamart tersebut.

Pengertian Kleptomania

“Kleptomania adalah salah satu sindrom atau gangguan mental gangguan psikologis, yang membuat orang kesulitan untuk mengelola dirinya sehingga berulang kali mencuri atau mengambil barang milik orang lain,” jelasnya.

Dalam hal ini, mencuri atau mengambil barang milik orang lain yang dimaksud sebenarnya bukanlah barang-barang yang dibutuhkan, melainkan yang diinginkan.

Baca Juga: Kleptomania Trending, Simak Nih 3 Selebriti yang Pernah Mengidapnya!

Padahal sebenarnya, barang yang diinginkan tersebut mampu dimiliki oleh pengidap gangguan kleptomania secara normal dengan membeli.

“Jadi ini lebih tentang impuls, kesulitan mengelola impuls,” terangnya.

Penyebab Kleptomania

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest