Follow Us

Cerita Dhani, Dokter Gigi Penyandang Disabilitas Tempuh S2 di Jerman dengan Beasiswa LPDP

Tanya Audriatika - Selasa, 05 Juli 2022 | 12:00
Salah satu penerima beasiswa LPDP Mochamad Nur Ramadhani kehilangan satu kakinya saat usia 14 tahun karena kanker tulang namun berhasil membuktikan kemampuannya dan berhasil melanjutkan pendidikan S2 di Jerman.
YouTube LPDP

Salah satu penerima beasiswa LPDP Mochamad Nur Ramadhani kehilangan satu kakinya saat usia 14 tahun karena kanker tulang namun berhasil membuktikan kemampuannya dan berhasil melanjutkan pendidikan S2 di Jerman.

HAI-Online.com - Mochamad Nur Ramadhani atau pria yang akrab disapa Dhani ini kini sedang melanjutkan pendidikan S2 nya di Jerman dengan beasiswa LPDP.

Kaki kanannya terpaksa diamputasi karena mengidap kanker tulang saat usia 14 tahun.

Namun keterbatasn fisik ini nggak menyurutkan semangat Dhani buat mengenyam pendidikan yang lebih tinggi.

Buktinya, dia tetap menunjukkan prestasi akademiknya dan selalu dapat peringkat pertama di sekolahnya. Selain itu, Dhani berhasil diterima di salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia.

Tamat SMA, Dhani sempat mendaftar jurusan Kedokteran Umum. Namun ia belum berhasil dan mencoba ikut ujian tulis di jurusan Kedokteran Gigi Universitas Padjajaran (Unpad).

Lanjut S2 di Jerman dengan beasiswa LPDP

Baca Juga: Program di Unesa Ini Wujudkan Lingkungan Kampus Ramah Disabilitas!

Nggak hanya ingin dapat gelar Dokter Gigi, Dhani memanfaatkan kesempatan memperluas pengalaman berkuliah di luar negeri dengan ikut beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) lewat jalur Afirmasi Penyandang Disabilitas.

Dhani berhasil diterima di Institute of Tropical Medicine and International Health Charité – Universitätsmedizin Berlin.

“Saya menderita kanker tulang saat usia 14 tahun. Saat itu keluarga juga berat untuk memutuskan melakukan amputasi. Tapi akhirnya keputusan itu diambil untuk menyelamatkan nyawa saya dari kanker tulang," tutur drg Dhani seperti dikutip dari kanal YouTube Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) melalui Kompas.com, Kamis (23/6/2022).

Dhani memilih Jerman untuk melanjutkan pendidikan S2 karena ia pernah menghabiskan masa kecilnya di negara tersebut.

Selama SD kelas 1 sampai kelas 7 Dhani tinggal di Jerman karena tugas pekerjaan orangtuanya.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest