Follow Us

Unand Buka Seleksi Masuk Jalur Prestasi hingga Kuota Disabilitas, Begini Cara Daftarnya

Tanya Audriatika - Selasa, 17 Mei 2022 | 11:00
Gedung Rektorat Universitas Andalas, Padang.
Dok. laman Unand

Gedung Rektorat Universitas Andalas, Padang.

HAI-Online.com - Universitas Andalas (Unand) membuka jalur seleksi masuk (SIMA) Prestasi, Kerja Sama, dan Disabilitas pada 12 Mei - 7 Juni 2022 mendatang.

Wakil Rektor I Unand, Prof. Mansyurdin mengungkapkan jalur SIMA ini terdiri dari beragam jenis, ada SIMA Akademik, SIMA Prestasi, SIMA Kerja Sama, SIMA Disabilitas, dan SIMA Internasional.

“Namun yang sudah dibuka pendaftarannya yakni jalur SIMA Prestasi, SIMA Kerja Sama, dan SIMA Disabilitas dari tanggal 12 Mei – 7 Juni 2022 melalui laman http://pmbm.unand.ac.id,” ujar Prof. Mansyurdin, dilansir dari laman Unand, Sabtu (14/5/2022)

SIMA Prestasi ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi lulusan SMA sederajat yang memiliki prestasi dalam bidang bakat, minat, dan penalaran dengan minimal juara III pada perlombaan ditingkat nasional maupun internasional. Hal ini dibuktikan dengan adanya sertifikat dari lembaga penyelenggara.

Prestasi penalaran lainnya di bidang keagamaan seperti Hafidz Alqur’an dengan minimal hafalan 10 juz, serta dibuktikan dengan sertifikat dari sekolah.

Di 2022 ini, Unand juga memberikan kesempatan bagi mereka yang memiliki bakat di bidang kepemimpinan seperti Ketua OSIS/OSIM atau organisasi intra lainnya yang setara.

Baca Juga: Kamu Lulus SMP? Ini Syarat dan Jadwal Pendaftaran PPDB 2022 untuk Jenjang SMA di Wilayah DKI Jakarta

“Kelebihan dari jalur ini mahasiswa tidak dibebankan biaya Pengembangan Institusi (PI) dan level UKT disesuaikan dengan penghasilan orang tua, tetapi khusus jalur hafidz 10 juz dan kepemimpinan masih tetap dikenakan biaya PI,” ungkap Prof. Mansyurdin.

SIMA Kerja Sama bertujuan untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi lulusan SMA/MA/SMK atau sederajat yang berasal dari daerah 3T, serta meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi lulusan SMA sederajat yang memiliki kemampuan akademik baik dengan latar belakang ekonomi tidak mampu.

“Tahun kemarin ada beberapa Pemerintah Daerah (Pemda) yang sudah bersedia bekerja sama untuk jalur ini diantaranya Pemda Solok Selatan, Pemda Dharmasraya, dan Pemda Kerinci,” ujarnya.

Melalui semua jalur ini, semua biaya pendidikan mahasiswa akan ditanggung oleh Pemdanya masing-masing, baik UKT maupun PI.

Lewat SIMA Disabilitas, Unand membuka kesempatan bagi penyandang disabilitas lulusan SMA sederajat untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Andalas dengan dibuktikan surat keterangan disabilitas dari Rumah Sakit Pemerintah atau instansi yang berwenang.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest