Follow Us

Program di Unesa Ini Wujudkan Lingkungan Kampus Ramah Disabilitas!

Tanya Audriatika - Rabu, 22 Juni 2022 | 17:28
UNESA
Wikimedia

UNESA

HAI-Online.com - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berikan hak yang sama bagi penyandang disabilitas, mulai dari penyediaan pekerjaan hingga sekolah atau perguruan tinggi dengan lingkungan yang ramah disabilitas.

Lewat program Unesa Disability Inclusion Metric (UDIM). Program ini sebagai parameter universal tingkat aksesibilitas penyandang disabilitas di lembaga atau organisasi.

UDIM ini diluncurkan untuk mengukur inklusi disabilitas di organisasi, sekaligus jadi metric inklusi disabilitas pertama yang ada di Indonesia, serta jadi acuan organisasi dunia.

Kepala Pusat Studi Layanan Disabilitas (PSLD) Unesa, Prof. Budiyanto mengatakan, saat ini Unesa dan berbagai pihak lainnya tengah fokus penyusunan indikator.

Pengembangan UDIM ini tujuannya buat menyediakan indikator sekaligus mengukur tingkat kualitas inklusi disabilitas disuatu organisasi.

Prof. Budiyanto juga berharap ini bisa jadi indikator rujukan pengembangan kualitas inklusi disabilitas dan menjadi bahan evaluasi tingkat kualitas inklusi disabilitas di suatu organisasi.

Baca Juga: Mahasiswa Unesa, Yusuf Ternyata Berperan di Balik Aplikasi SIMPEL BNNP Jatim!

"Ini jadi acuan atau indikator penting bagi organisasi atau lembaga termasuk perguruan tinggi di dunia. Setelah pembahasan bersama tim, para ahli, user serta mitra dan berdasarkan masukan yang ada, draft direvisi kemudian diluncurkan dalam waktu dekat," jelasnya, melansir dari laman Unesa.

Wujudkan lingkungan ramah disabilitas

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Unesa, Sujarwanto menerangkan, pengembangan UDIM ini jadi bagian dari komitmen Unesa dalam mewujudkan lingkungan yang ramah disabilitas di berbagai lembaga dan masyarakat Indonesia hingga dunia.

Menurutnya, itu jadi satu di antara terobosan-terobosan besar yang dilakukan kampus 'Satu Langkah di Depan' itu untuk meningkatkan mutu aksesibilitas penyandang disabilitas di berbagai bidang.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest