Follow Us

Bangun! Ini 5 Tips dari Dokter Biar Puasa Kamu Nggak Ngantuk Melulu

Al Sobry - Rabu, 20 April 2022 | 12:18
Mengantuk setelah makan bisa jadi tanda awal koma makanan.
Freepik

Mengantuk setelah makan bisa jadi tanda awal koma makanan.

Belum lagi dalam keadaan puasa, biasanya juga kadar gula darah akan menurun, sehingga membuat tubuh jadi lemas dan otak sulit berkonsentrasi.
Hal itu menyebabkan kantuk, yang bahkan terkadang bisa memengaruhi produktivitas, terutama pada jam-jam tertentu yang rentan terhadap serangan kantuk, misalnya sekitar pukul 10 pagi, jam 2 hingga 5 sore.

Baca Juga: Pengumuman; Pasca Lebaran Harga Kerupuk di DKI Jakarta Bakal Naik 100 Persen!

Melansir Indian Express, Dr Manoj Kutteri, Direktur Kesehatan di Atmantan Wellness Centre mengatakan, efek puasa yang seringkali dirasakan banyak orang adalah merasa lesu dan kekurangan energi.

Di hari biasa, Kamu mungkin terbiasa minum secangkir kopi atau makan camilan tertentu untuk mengusir kantuk dan menambah energi, tapi di bulan Ramadan, kamu perlu mencari cara lain untuk menyiasati masalah ini saat berpuasa.

1. Sesuaikan waktu tidur

Saat berpuasa, akan terjadi perubahan pola tidur karena harus bangun sebelum subuh untuk melaksanan makan sahur. Inilah sebabnya mengapa orang sering merasa mengantuk di siang hari.

Untuk mencegahnya, kamu cuma perlu harus memastikan bahwa kamu punya waktu tidur yang cukup dan berkualitas di malam hari.

Kalo kamu punya kebiasaan tidur larut malam, lebih baik mengubahnya. Cobalah untuk tidur lebih awal karena kamu juga harus bangun lebih awal.

Baca Juga: Puasa Kok Mulut Pahit? Hindari Tidur Lagi Setelah Makan Sahur, Ini Kata Pakar

Kemudian setelah sahur dan sholat subuh, sebaiknya kamu tidak melanjutkan tidur, karena justru dapat menyebabkan kamu merasa lesu setelahnya.

2. Minum air putih yang cukup

Minumlah setidaknya dua gelas air saat sahur menjelang imsak untuk menghindari dehidrasi.

Tambahkan juga minuman berion karena berkurangnya kadar garam dalam tubuh cenderung membuat tubuh lebih cepat kehilangan cairan.

Penting untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam sehari karena menjaga tubuh dari dehidrasi dan meningkatkan metabolisme.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest