Follow Us

Puasa Kok Mulut Pahit? Hindari Tidur Lagi Setelah Makan Sahur, Ini Kata Pakar

Al Sobry - Minggu, 10 April 2022 | 15:13
Hindari Deh Tidur Lagi Setelah Makan Sahur, Ini Kata Pakar

Hindari Deh Tidur Lagi Setelah Makan Sahur, Ini Kata Pakar

HAI-Online.com - Kebanyakan dari kita terbiasa kembali tidur setelah makan sahur karena nggak mampu menahan kantuk. Padahal, kebiasaan ini mendatangkan bahaya lho bagi kesehatan tubuh kita.

Nah yang banyak terjadi, pada saat bulan Ramadan, siklus tidur banyak orang khususnya umat Muslim bakal berbeda dengan bulan-bulan biasanya.

Saat berpuasa, umat Muslim dianjurkan untuk bangun lebih awal untuk melakukan sahur. Karena siklus tidur yang berubah, banyak masyarakat yang mengantuk dan memilih tidur setelah menyelesaikan sahur mereka.

Baca Juga: Buka Puasa Pakai Timun Suri, Nggak Cuma Rasanya Enak tapi Manfaatnya Redakan Asam Urat

Menurut situs Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), kebiasaan tidur setelah makan sahur ternyata dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Pasalnya sistem pencernaan membutuhkan setidaknya 3 jam untuk mencerna (mengolah) makanan hingga menghasilkan sari makanan.

Seperti yang kita tahu, fungsi tubuh akan berhenti bekerja selama tidur, kecuali jantung, otak, dan paru-paru.

Makanya kalo kita langsung tidur setelah makan, makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak bisa dicerna dengan baik karena organ pencernaan berhenti bekerja.

Pakar kesehatan sekaligus dosen Fakultas Ilmu Kesehatan UM Surabaya Dede Nasrullah menjelaskan, beberapa dampak yang timbul akibat kebiasaan tidur setelah sahur. Ia menjelaskan, dampak pertama yang bisa timbul akibat kebiasaan tidur setelah sahur adalah terjadi refluks asam gastro-esophageal reflux disease atau Gerd.

"Saat tertidur akan terjadi pelonggaran klep lambung sehingga menyebabkan asam lambung dalam perut mengalir balik ke bagian kerongkongan. Panas di dada, tenggorokan panas, mual, bersendawa, dan mulut pahit adalah gejala yang menunjukkan refluks," katanya.

"Sehingga, untuk mencegah hal tersebut kita bisa menunggu setidaknya 3 jam sehingga makanan tersebut dapat diolah secara sempurna," ujarnya lagi.

Baca Juga: Hati-hati Makanan Ini Bisa Menurunkan IQ dalam Hitungan Hari

Dampak yang kedua adalah penumpukan lemak. Jika langsung tidur setelah makan sahur, kalori bakal tersimpan menjadi lemak terlebih jika makanan yang disantap saat sahur adalah karbohidrat dan lemak

Dampak yang ketiga adalah sakit tenggorokan. Sensasi panas tidak hanya terjadi di dada namun juga dirasakan hingga tenggorokan karena efek lanjutan dari Gerd.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest