Follow Us

Cerita Perjuangan Dewa 19 Bikin Materi Demo di Surabaya, dari Pake Alat Seadanya hingga Diomelin Tetangga

Ferry Budi Saputra - Rabu, 29 Desember 2021 | 16:05
Dewa 19
Instagram/ @ahmaddhaniofficial

Dewa 19

HAI-Online.com - Dewa 19 kini menjadi salah satu band besar Indonesia. Tentu perjalanan mereka masuk ke industri musik pada awalnya nggak semudah yang dibayangkan. Banyak cerita unik tentang perjalanan awal band asal Surabaya tersebut.

Salah satu mantan personelnya, Wawan Juniarso, menceritakan kisah Dewa 19 pada awal karier ketika berusaha membuat materi demo album pertama.

Menurut Wawan, lagu yang digodok untuk materi demo pada saat itu di antaranya Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi, Hanya Mimpi, dan Selamat Pagi. Semua lagu itu mereka kerjakan di kamar Wawan, tepatnya di Jalan Darmawangsa Dalam Selatan No.7, Surabaya.

Baca Juga: Inilah Lagu yang Pertama Dibawain Manggung Dewa 19 saat Para Personelnya Masih SMP, Bukan Queen!

Ternyata pada saat itu para personel Dewa 19 harus banyak bekerja keras saat latihan, dikarenakan alat musik yang digunakan sangat minim atau bisa dibilang begitu sederhana.

Wawan menjelaskan pada saat itu tampilan kamar yang digunakan personel latihan ya hanya seperti kamar aja bukan seperti studio pada umumnya.

Eks drummer Dewa 19 itu menceritakan pada saat latihan ada kejadian lucu yang terjadi. Seperti diketahui kamar tersebut nggak pake peredam suara sehingga membuat suara dari alat musik ketika latihan terdengar hingga luar.

"Nekat latihan dari jam 12 siang sampe sebelum magrib. Gimana nggak berisik, tetangga akhirnya ngomel-ngomel datengin orang tua gue, 'Ini apa-apaan sih, waktunya orang istirahat eh malah berisik main band', karena tanpa akustik bocor kemana-mana," ungkapnya di YouTube Wawan Juniarso Channel.

Baca Juga: Once Langsung Terkenal Bersama Dewa 19 Pas Awal Gabung, Ahmad Dhani: Awalnya Susah, Nggak Segampang yang Dikira

Menurut Wawan omelan tetangga pada saat itu nggak menyurutkan semangat para personel Dewa 19 untuk tetap berlatih. Ia mengaku bersyukur karena endingnya dari latihan tersebut membuat Dewa 19 bisa sukses masuk industri musik.

Ia menyebut, setelah sukses di album pertamanya, pada akhirnya tetangga rumahnya memahami dan memaklumi keadaan pada saat itu.

"Tetangga akhirnya paham bahwa kita serius untuk berprofesi sebagai musisi sampai ke recording dan menghasilkan satu album," ujar Wawan.

Wawan menuturkan ketika penggodokan materi album pertama Dewa 19 selesai, maka mereka semua langsung pergi ke Lasika Studio Surabaya untuk merekam demo. Demo inilah yang pada akhirnya mereka bawa ke Jakarta untuk ditawarkan kepada produser rekaman.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest