Follow Us

Lagunya Nggak Laku plus Ditinggal Once, Ahmad Dhani Bilang Dewa 19 Udah Kalah Saing sama Kangen Band

Hanif Pandu Setiawan - Senin, 27 Desember 2021 | 17:48
Ahmad Dhani.
Tangkapan layar Hanin Dhiya/YouTube

Ahmad Dhani.

HAI-Online.comBeberapa kali Ahmad Dhani mengungkapkan bahwa ‘Bukan Manusia Biasa’ merupakan lagu terbaik yang ia buat untuk Dewa 19.

Ironisnya, lagu ini jugalah yang mengantarkan Dewa 19 menuju jurang perpisahan dengan vokalisnya saat itu, Once Mekel hingga mereka pun mutusin buat hiatus juga pada 2011 lalu.

Dalam obrolannya dengan Hanin Dhiya, Ahmad Dhani mengaku saat itu berhenti adalah pilihan paling bijak buat Dewa 19 sendiri.

“Kita bikin lagu bagus, video klip bagus, aransemen bagus, tapi nggak sukses gitu, 'kan. Yaudah kita akhirnya waktu itu, Once keluar ya kita sekalian istirahat lah," ujar Dhani pada pertengahan Desember lalu, mengutip channel YouTube Hanin Dhiya.

Baca Juga: Once Langsung Terkenal Bersama Dewa 19 Pas Awal Gabung, Ahmad Dhani: Awalnya Susah, Nggak Segampang yang Dikira

Sang frontman menambahkan, "Waktu itu udah agak sulit bersaing dengan Kangen Band, sih, kita."

Padahal, seperti yang udah sering ia katakan dalam berbagai interviu, 'Bukan Cinta Manusia Biasa' merupakan lagu Dewa 19 yang menurutnya paling megah.

Dhani bahkan mengeklaim, progresi yang unik pada lagu ini sangat jarang ditemukan pada lagu-lagu lain di seluruh dunia.

“Memang sebenernya notasi lagu itu ya, dari kutetap… Am, F lalu ke Bm, ke E dan Am lagi itu di dunia nggak ada yang kayak gitu. Boleh cek toko sebelah, deh,” jelasnya.

Namun kenyataannya, lagu ini justru nggak begitu sukses di pasaran, setidaknya saat dirilis sekitar 11 tahun lalu. Dhani pun harus mengakui bahwa masa jayanya mungkin memang udah habis saat itu.

"Dan kita juga harus menerima pil pahit bahwa lagu itu adalah lagu yang paling tidak laku di antara lagu-lagu hits yang pernah kita buat," katanya.

Baca Juga: Bikinnya Total, tapi Lagu Dewa 19 Ini Menurut Ahmad Dhani Nggak Laku!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest