Follow Us

Sering Ngerasa Mengantuk Setelah Makan? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Hanif Pandu Setiawan - Minggu, 26 Desember 2021 | 20:05
Mengunyah makanan
netdoctor

Mengunyah makanan

HAI-Online.com – Mengantuk setelah makan kayaknya udah jadi hal yang biasa dialami sebagian besar dari kita, khusunya saat makan siang.

Hasilnya, kita jadi kurang fokus menjalankan aktivitas setelah jam makan seperti belajar, kerja, dan lainnya.

Sebenarnya kenapa sih orang cenderung mudah mengantuk setelah makan? Ternyata hal ini ada penjelasan ilmiahnya sendiri, guys.

Melansir laman Ruangguru, kondisi ini disebut food coma. Dalam istilah medis, food coma biasa disebut postprandial somnolence yang secara harfiah, postprandial berarti setelah makan, sementara somnolence berarti merasa mengantuk.

Secara garis besar, food coma adalah timbulnya perasaan mengantuk setelah kita mengonsumsi sesuatu, utamanya makanan berat. Food coma berhubungan erat dengan mekanisme kerja sistem pencernaan di tubuh manusia.

Baca Juga: 7 Makanan Beserta Minuman yang Harus Dihindari untuk Sarapan Pagi, Termasuk Kopi?

Gimana sih proses terjadinya food coma?

Saat mengunyah dan menelan makanan, lambung akan memproduksi hormon gastrin yang dapat memicu produksi getah lambung untuk mencerna makanan, khususnya memecah protein menjadi pepton. Lantas, makanan dari lambung akan masuk ke usus halus.

Di dalam usus halus ini, zat makanan bakal dicerna menjadi bentuk yang sederhana. Misalnya, zat makanan seperti karbohidrat dan protein yang merupakan sumber energi bagi tubuh.

Karbohidrat dan protein ini masih berupa bentuk yang belum sederhana. Sehingga usus halus akan memecahnya lagi menjadi bentuk yang lebih sederhana.

Karbohidrat bakal diubah jadi glukosa, sementara pepton dari lambung tadi akan diubah jadi asam amino, salah satunya triptofan.

Selanjutnya, zat makanan yang sudah sederhana ini bakal diserap sama usus halus dan diedarkan ke ke seluruh tubuh lewat pembuluh darah. Di otak, triptofan akan digunakan untuk memproduksi hormon serotonin yang bikin kita merasa senang dan hormon melatonin yang bikin kita jadi mengantuk.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest