Follow Us

Cerita Dokter yang Datang ke Baduy Dalam untuk Lakukan Bedah, Dibayarnya Pake Hasil Bumi

Ferry Budi Saputra - Selasa, 21 Desember 2021 | 16:05
Cerita dokter dan tim medis yang pergi ke Baduy Dalam
Twitter

Cerita dokter dan tim medis yang pergi ke Baduy Dalam

HAI-Online.com - Seorang netizen di Twitter membagikan postingan di Facebook yang menunjukkan kisah seorang dokter yang masuk ke Baduy Dalam untuk melakukan operasi bedah kepada seorang pasien.

Akun Twitter @gloriahermawan membagikan postingan FB kisah dokter yang melakukan operasi di Baduy Dalam. Pemilik akun tersebut mengaku postingan itu berasal dari akun temannya di Facebook.

Baca Juga: Ngerampok Gaya Flash-mob Marak Terjadi di Amerika, Toko Branded Rugi Ratusan Juta

"Baru buka FB, liat cerita temen yang ini, gimana dokternya yang nyamperin datang untuk melakukan bedah, secara pasiennya orang Baduy Dalem. tau dong orang Baduy kayak gimana, apalagi Baduy Dalam ya kan. Dan akhirnya jadi banyak yg berobat, yang bayarnya pake hasil kebun," tulis akun @gloriahermawan.

Postingan FB tersebut menerangkan Dr. Omat Rachmat Hasbullah dan timnya yang bertugas di Poskesdes melakukan tindakan operasi pada pasien asal Kampung Cibeo Baduy Dalam.

Tindakan operasi itu dilakukan di Binong Nangerang yang berjarak 40 menit dengan berjalan kaki dari Kampung Cibeo. Seperti diketahui adat Baduy Dalam menyatakan kalo kendaraan dilarang masuk, otomoatis tindakan medis sulit untuk dilakukan. Kemudian terjadilah keputusan yang dilakukan dengan musyawarah dan melalui persetujuan berbagai pihak.

Baca Juga: Setahun Hadir di Indonesia, Taco Bell Sukses Terkoneksi dengan Segmen Pasar Milenial dan Gen Z

Saat itu sang kakek pasien, Jaro Sami mengaku was-was mengenai kondisi cucunya yang tak kunjung sembuh setelah kakinya terkilir setahun lalu. Meski sudah diurut ke tukang urut namun kondisi sang cucu masih tak ada kemajuan.

Ketika operasi berlangsung, ratusan warga Baduy Dalam menunggu di luar Poskesdes. Warga yang datang itu juga ada yang ingin memeriksa kesehatan diri dan anak mereka.

Saat dokter dan tim medis pulang, mereka dibekali pisang tanduk, gula aren dan durian. Hasil bumi ini diberikan sebagai bentuk bayaran kepada dokter yang telah berjasa mengobati dan memeriksa mereka.

Melihat postingan Twitter yang membagikan kisah dokter di Baduy Dalam tersebut, banyak netizen yang ikut memberikan pujian kepada dokter dan tim medis. Bahkan, ada juga yang ikut menceritakan kembali pengalaman mereka saat mengabdi di suatu tempat.

Baca Juga: Viral Postingan Uang Rp 10.000 Digambari Jadi Pocong, Ini Tanggapan Bank Indonesia

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest