Follow Us

Ahmad Dhani Sebut John Lennon Jadi Salah Satu Musisi Idolanya Dalam Membuat Lirik

Ferry Budi Saputra - Sabtu, 11 Desember 2021 | 21:19
Ahmad Dhani
HAI/Fariz

Ahmad Dhani

HAI-Online.com - Ahmad Dhani secara blak-blakan berbicara soal John Lennon dan The Beatles yang ternyata mempengaruhi juga musik Dewa 19.

Ahmad Dhani menjelaskan pengaruh The Beatles terhadap Dewa 19 baru ada pada karya musik mereka di atas tahun 2000-an. Sebelumnya ia menyebut nggak ada musiknya Dewa 19 yang memang ada unsur The Beatles-nya.

"Terutama di album Cintailah Cinta, sebelumnya nggak ada. Setelah ngulik Beatles, akhirnya ada pengaruh Beatles dari situ," tuturnya di YouTube Video Legend ketika hadir di GeronimoFM.

Baca Juga: Dewa 19 Belum Punya Vokalis Tetap, Ahmad Dhani: Andra Cuma Mau Ari Lasso dan Once

Ahmad Dhani mengatakan jaman dulu dia malah nggak suka The Beatles, dikarenakan lebih dulu suka musiknya Queen. Yap, seperti diketahui Ahmad Dhani menyukai Queen bahkan sejak ia masih kecil.

Musisi kelahiran 1972 itu menyatakan pengaruh The Beatles di Dewa 19 itu nggak banyak, apalagi bicara soal lagu-lagunya. Begitu juga dengan Queen, Ahmad Dhani menyebut porsi pengaruh musik band legendaris di Dewa 19 itu juga nggak banyak.

"Ada beberapa lagu yang kayak kita sengaja Queen gitu aransemennya, tapi ya nggak banyak, mungkin cuma 2 atau 3 lagu aja. Apalagi The Beatles gitu," ungkapnya.

Menurut Ahmad Dhani ada hal dari The Beatles yang juga sangat berpengaruh baginya dan Dewa 19 yaitu semangat mereka.

Baca Juga: Cerita Lagu 'Kirana' Dewa 19 yang Harus Direkam Ulang, Ahmad Dhani: Awalnya Nggak Enak

"Kayak misalnya John Lennon itu salah satu musisi idola saya dalam bersikap. Mungkin dalam membuat lirik, cuma itu nggak bisa keliatan memang," ujarnya.

"Meskipun Dewa musiknya nggak banyak terlalu terpengaruh The Beatles, tapi kalau dibilang John Lennon-nya Indonesia ya Ahmad Dhani lah, siapa lagi?," katanya.

Memang kalo bicara soal pengaruh musik dari musisi lain di Dewa 19 tuh begitu banyak. Hal itu dikarenakan, Ahmad Dhani memiliki segudang referensi dalam bermusik. Di antaranya ada Toto, Counting Crows, hingga Pet Methany. Pantas apabila musiknya Dewa 19 itu begitu beragam di setiap albumnya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest