Follow Us

Banyak Jalan buat Kuliah! Inilah 3 Beasiswa S1-S2 dari Pemerintah yang Bisa Lo Coba

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 11 November 2021 | 15:05
Kuliah Online
kompas.com

Kuliah Online

HAI-Online.com – Faktor biaya seringkali menjadi penghalang bagi calon mahasiswa yang ingin lanjut ke perguruan tinggi. Nah beasiswa jadi solusi bagi mereka yang terganjal biaya untuk kuliah.

Selain dari swasta, ada sejumlah beasiswa yang dari pemerintah Indonesia setiap tahun, mulai dari jenjang S1, S2 maupun S3, lho.

Nggak hanya ditanggung biaya kuliahnya, beasiswa-beasiswa tersebut juga bakal ngasih bantuan biaya hidup selama lo menjalani perkuliahan di dalam maupun luar negeri sesuai dengan jenis dan kebijakan beasiswa.

Nah buat lo calon mahasiswa, dapat mempersiapkan diri dan berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa yang dibuka seiring dengan penerimaan mahasiswa baru.

Simak nih tiga beasiswa pemerintah Indonesia yang paling populer karena memberikan pembiayaan penuh, seperti dirangkum dari Quipper Campus:

Baca Juga: Inilah 7 Jurusan Kuliah Sepi Peminat dengan Peluang Kerja Cerah

  1. Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah
Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah bisa digunakan untuk mendapatkan akses melanjutkan pendidikan tinggi. Nggak hanya untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), KIP Kuliah juga terbuka untuk jalur seleksi mandiri Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Pembukaan pendaftaran KIP Kuliah biasanya dimulai pada bulan Februari setiap tahunnya. Dimulai dengan membuat akun lalu mendaftar sesuai dengan jalur masuk PTN maupun PTS.

Terdapat beberapa syarat khusus yang ditetapkan pemerintah untuk mendapatkan beasiswa tersebut, salah satunya adalah keterbatasan ekonomi. Syarat lainnya meliputi:

  • Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 tahun sebelumnya.
  • Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.
  • Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, serta dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.
Baca Juga: Ngerasa Berkepribadian Introvert? 8 Jurusan Kuliah Ini Mungkin Cocok buat Lo

  1. Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ristek
Beasiswa Unggulan yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) adalah salah satu beasiswa favorit. Pendaftaran beasiswa ini biasanya dibuka pada bulan Juni atau Juli setiap tahun.

Beasiswa Unggulan ditujukan untuk calon mahasiswa dan mahasiswa berprestasi yang memiliki kendala finansial untuk melanjutkan pendidikan.

Source : Quipper Campus

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest