Follow Us

Inilah 7 Jurusan Kuliah Sepi Peminat dengan Peluang Kerja Cerah

Hanif Pandu Setiawan - Senin, 08 November 2021 | 11:50
Kehutanan jadi salah satu jurusan yang relatif sepi peminat yang punya prospek cerah.
ugm.ac.id

Kehutanan jadi salah satu jurusan yang relatif sepi peminat yang punya prospek cerah.

HAI-Online.com – Buat lo calon mahasiswa yang berminat buat lanjut kuliah ke perguruan tinggi, memilih jurusan jadi hal wajib lo pertimbangkan matang-matang sebelum mendaftar. Sebab jurusan yang lo pilih bakal berpengaruh ke prospek karier lo di masa depan, guys.

Kita tahu ada beberapa jurusan populer seperti kedokteran, komunikasi, ekonomi, maupun teknik yang jadi favorit calon mahasiswa. Padahal, masih banyak jurusan dengan prospek kerja luas tapi masih jarang diminati, lho!

Nah meski jurusan sepi peminat, kebanyakan dari lulusan jurusan-jurusan tersebut sebenarnya justru punya peluang kerja besar dan digaji tinggi.

Merangkum laman Ruangguru, ada 7 jurusan kuliah sepi peminat dengan peluang kerja besar. Yuk kita simak apa aja!

Baca Juga: Mau Lanjut Kuliah? Ada Beasiswa Full D4-S1 dari PT. Mahaghora buat Lulusan SMA-SMK Nih

  1. Jurusan Astronomi
Jurusan Astronomi termasuk jurusan yang nggak begitu banyak peminat karena dianggap sulit dan banyak yang belum mengetahui prospek kerjanya.

Di jurusan ini lo akan mengamati benda-benda langit, antara lain bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi. Lo juga akan belajar fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer bumi.

Setelah lulus dari jurusan ini lo bisa bekerja di lembaga yang menjanjikan seperti LAPAN, BMKG, observatorium, NASA atau bahkan astronot dengan gaji yang tinggi.

ITB merupakan satu-satunya universitas dengan jurusan astronomi di Asia Tenggara.

  1. Jurusan Kehutanan
Indonesia adalah negara tropis dengan hutan yang membentang luas. Nggak sedikit instansi konservasi hutan yang membutuhkan tenaga dan pengetahuan dari lulusan jurusan Kehutanan untuk mengelola kawasan hutan.

Di jurusan ini lo nggak hanya belajar tentang hutan saja, tetapi lo akan belajar cara pengelolaan hutan serta segala hal yang ada di hutan, seperti pengelolaan ekosistem hutan, pemanfaatan dan perlindungan hasil hutan, hingga produktivitas hutan.

Dengan pengetahuan ini, lo bisa bekerja di berbagai bidang yang menjanjikan, mulai dari konsultan, peneliti, wirausahawan, atau pegawai di lembaga kehutanan nasional hingga internasional.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest