Follow Us

Versi Terbaru PeduliLindungi Nggak Lagi Ngelacak Lokasi Terus-menerus, Bikin Lebih Hemat Baterai

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 02 November 2021 | 17:35
Versi terbaru aplikasi PeduliLindungi membawa sejumlah pembaruan fitur dan pengaturan.
Kementerian Kesehatan/Google Play Store

Versi terbaru aplikasi PeduliLindungi membawa sejumlah pembaruan fitur dan pengaturan.

HAI-Online.com – Selama masa PPKM ini, aplikasi PeduliLindungi menjadi salah satu syarat wajib bagi masyarakat sebelum masuk ke tempat umum seperti mall, bioskop dan lokasi publik lainnya.

Sayangnya, aplikasi milik Kementerian Kesehatan yang berfungsi untuk tracing dan check-in ke berbagai tempat umum di masa pandemi Covid-19 ini sempat dikeluhkan masyarakat karena dinilai bikin baterai ponsel boros.

Pasalnya saat diaktifkan, aplikasi PeduliLindungi bakal meminta lokasi terus-menerus yang cukup menguras baterai ponsel.

Nah lewat update terbaru versi 4.0.2 (Android) dan 4.0.3 (iOS) ini, aplikasi PeduliLindungi kini nggak akan melacak lokasi pengguna secara berkala dan terus menerus.

Pengaturan ini bisa diketahui dengan melihat menu perizinan lokasi aplikasi tersebut, di mana opsi "Allow all the time" telah dihilangkan.

Baca Juga: Inilah Aturan Baru Kegiatan yang Wajib Pake PeduliLindungi PPKM 5-18 Oktober 2021

Sebelumnya, pengguna aplikasi PeduliLindungi harus memilih opsi tersebut apabila ingin menggunakan aplikasi itu dengan lancar.

Sebagai gantinya, pengguna kini bisa memilih opsi "Allow only while using the app" di aplikasi PeduliLindungi versi terbaru, untuk mengizinkan aplikasi tersebut mendeteksi lokasi pengguna hanya ketika sedang dipakai saja.

Misalnya untuk memindai kode QR di tempat umum, melihat statistik Covid-19 di tempat sekitar, dan lain sebagainya.

Alhasil, baterai ponsel pun nggak akan menyedot baterai secara berlebih karena fitur GPS yang berfungsi untuk mendeteksi lokasi pengguna nggak akan dipaksa aktif terus-menerus di background.

Selain pengaturan lokasi, pembaruan aplikasi PeduliLindungi juga mencakup tampilan user interface yang lebih segar.

Baca Juga: Bioskop Resmi Dibuka untuk wilayah PPKM Level 2 dan 3, Penonton Wajib Bawa PeduliLindungi

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest