Follow Us

Jelang Halloween, Muncul Larangan Pake Kostum ‘Squid Game’ di Sekolah Ini

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 28 Oktober 2021 | 17:35
Squid Game
Dok. Netflix

Squid Game

HAI-Online.com - Festival Halloween, khususnya di Amerika Serikat kerap dirayakan dengan menggelar pesta kostum bertema serem di bulan Oktober. Nggak terkecuali oleh para siswa di sekolah-sekolah.

Sejumlah sekolah dasar di New York dilaporkan melarang siswa mereka menggunakan kostum ‘Squid Game’ pada Halloween kali ini. Alasannya, serial tersebut dianggap membawa "pesan kekerasan yang selaras dengan kostum itu".

"Tidak pantas bagi siswa mana pun untuk mengenakan kostum Halloween dari pertunjukan ini ke sekolah karena potensi pesan kekerasan yang selaras dengan kostum itu," ujar Pengawas Distrik Sekolah Fayetteville-Manlius Dr. Craig Tice, melansir USA Today, Kamis (28/10/2021).

Baca Juga: Heboh Adegan Mirip Squid Game di Sinetron Dari Jendela SMP, Netflix Komentari dengan Tawa, Ernest Prakasa Mau Muntah

Serial ‘Squid Game’ sendiri menceritakan kisah sekelompok orang yang putus asa dan butuh uang yang mengikuti serangkaian permainan anak.

Namun mereka mesti bersaing dalam permainan anak-anak yang berbahaya untuk ngedapetin hadiah uang tunai yang besar.

Terlepas dari kesuksesannya, serial ini memang dipenuhi dengan adegan pembunuhan yang berlumuran darah, kekejaman psikologis maupun fisik dan permainan mematikan yang kejam.

Nggak heran sih karena menurut Netflix, serial itu memang sebenarnya ditujukan untuk "penonton dewasa" dan "mungkin nggak cocok untuk anak usia 17 tahun ke bawah".

Baca Juga: Mahasiswa Baru Diajak 'Squid Game' untuk Pengenalan Kampus di UM Surabaya

Selain melarang kostum Squid Game, Craig juga menegaskan bahwa kostum Halloween yang bertema kekerasan atau termasuk senjata mainan dan pedang juga dilarang.

Sementara itu distrik sekolah lain di Panama City, Florida, juga dikabarkan telah melakukan pengamatan serupa dan mengingatkan para orangtua bahwa siswa berpotensi menirukan adegan kekerasan seperti yang ada dalam serial ini.

"Beberapa anak mencoba meniru adegan pertunjukan di sekolah. Misalnya seperti permainan Lampu Merah Lampu Hijau,” tulis Bay District Schools di laman Facebooknya akhir-akhir ini.

Mereka menambahkan, “Anak-anak mencoba untuk benar-benar menyakiti satu sama lain dengan permainan ini." (*)

Baca Juga: Real Life Squid Game Diadain di Uni Emirat Arab, Bakal Kayak Apa?

Source : USA Today

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest