Follow Us

Stephanus Adjie 'Down For Life': Fanatisme Metal di Indonesia Sejajar dengan Sepak Bola & Agama

Mohammad Farras Fauzi - Selasa, 12 Oktober 2021 | 13:05
Vokalis Down For Life, Stephanus Adjie
Instagram @anakbaik.09

Vokalis Down For Life, Stephanus Adjie

HAI-Online.com - Beberapa waktu lalu, HAI mencoba untuk menelisik tentang bagaimana musik metal yang merajai perpustakaan musik di Indonesia dalam rentang waktu yang amat lama.

Terdapat beberapa faktor yang menjadi titik berat analisis dari HAI untuk mengupas perkembangan metal sehingga menjadi primadona di luar kultur musik pop - bahkan bagaimana kemudian metal sukses bertransformasi ke ranah populer.

Baca Juga: 5 Alasan Utama Kenapa Metal Nggak Akan Pernah Mati di Indonesia

Belum terpuaskan dengan pisau analisis yang belum terlalu runcing tersebut, HAI mencoba untuk menghubungi salah satu aktor yang telah lama berkecimpung di dunia ini.

Stephanus Adjie, sosok yang dikenal sebagai motor utama dari band metal termasyhur asal Solo, Down For Life, kala itu menyempatkan waktunya untuk berbincang santai via virtual bareng HAI (09/09).

Down For Life
HAI

Down For Life

Di luar kesibukannya bareng Down For Life, mas Adjie juga menaruh ketertarikan besar pada sepak bola, band merchandising, dan juga bertegur sapa di udara bareng radio online yang diasuhnya.

Menyambung pembahasan utama yang juga bertepatan dengan momen kelam di skena metal Indonesia saat itu (meninggalnya pentolan & gitaris Burgerkill, Eben); mas Adjie bercerita banyak hal dalam rangka membantu HAI menjabarkan fenomena ajaib di dinamika musik bawah tanah ini.

Baca Juga: Kancah Metal Berduka, Gitaris & Founder Burgerkill Eben Telah Meninggal Dunia

Lantas menurut pemaparan mas Adjie, gimana metal bisa menjadi pondasi musik bawah tanah yang kokoh dan nggak bakal tergoyahkan di Indonesia?

Ada beberapa poin menarik yang dijabarkan di sini; salah satu yang menjadi highlight adalah momen shifting saat metal berhasil diterima dan kemudian mengakar kuat; namun rumit, serumit font band metal favorit kalian yang terkadang butuh effort lebih untuk membacanya.

Baca Juga: Sering Dicibir, 8 Band Metal Ini Nyatanya Jadi Guilty Pleasure-nya Para Metalhead?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest