Follow Us

Dewa 19 Pensiun Bikin Lagu dan Sering Daur Ulang, Ahmad Dhani: Biar Sound-nya Jadi Lebih Bagus

Hanif Pandu Setiawan - Minggu, 26 September 2021 | 16:05
Ahmad Dhani
YouTube/ Sujiwo Tejo

Ahmad Dhani

HAI-Online.com – Semua penikmat musik Tanah Air mungkin setuju kalo Ahmad Dhani adalah salah satu penulis lagu terbaik di Indonesia. Namun di balik status 'legend' dirinya, kibordis sekaligus frontman Dewa 19 tersebut mengatakan cukup banyak lagu-lagunya yang nggak memuaskan, setidaknya bagi dirinya saat ini.

"Banyak sih," ujar Dhani saat ditanya soal lagu-lagu cipataannya yang ia sesali, mengutip channel Eventori.id pada Minggu (26/9/2021).

Dhani mengungkapkan penyesalan yang ia maksud adalah soal aransemen lagu, yang menurutnya belum terlalu matang di usianya saat itu. Hal ini jugalah yang membuatnya cukup banyak bikin aransemen ulang terhadap lagu-lagu lamanya.

"Makanya kenapa banyak orang bilang kok daur ulang-daur ulang terus, itu bagian daripada perbaikan archive tadi itu," ujar Dhani.

Baca Juga: Personel Dewa 19 Nginep di Rumah Sahabat, Ahmad Dhani Bales Nganterin Kuliah

Yup, Ahmad Dhani emang menyebut dirinya udah bukan di fase nulis lagu lagi. Di usianya yang sekarang, ia lebih cocok disebut sebagai produser.

"Dan ada beberapa yang memang dulunya lagunya aransemen kurang bagus, sekarang disempurnakan," sambungnya.

Nggak cuma soal aransemen, Dhani juga menyadari perbedaan kualitas suara zaman dulu dan sekarang. Sehingga beralasan perlu melakukan penyempurnaan terhadap lagu-lagunya.

"Menyempurnakan lagu yang dulunya dianggap kurang bagus sound system-nya dengan kondisi masyarakat sekarang yang udah peka terhadap sound bagus," jelasnya.

Dewa 19 sendiri saat ini tengah dalam persiapan untuk perayaan 30 tahun Dewa 19 pada tahun depan lewar tur akbar di 30 kota di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Ngomongin Soal Arti Cinta, Ahmad Dhani: Semua Udah Ada di Lagu yang Gue Buat

"Udah mulai muncul suara bahwa Dewa 19 band paling aktif disaat pandemi, karena memang maunya memang begitu, menyongsong Dewa 19 di usia 30 tahun di tahun 2022," ujar Dhani.

"Tunggu aja deh, seumpama pandemi ini selesai, kita confident akan melakukan tur 30 kota, karena 30 tahun dirgahayu Dewa 19," pungkasnya. (*)

Baca Juga: Kenang Momen saat Dewa 19 Sering Main ke Potlot Dulu, Ari Lasso: Bersejarah buat Scene Musik Indonesia 90-an!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest